SOSOR BEBEK SEMBUHKAN 10 PENYAKIT

SOSOR BEBEK “SOSOR” 10 PENYAKIT
(Kalanchoe pinnata Lamk Pers)

Tampilan fisik tanaman sosor bebek (Kalanchoe pinnata Lamk Pers) memang jelek sama sekali tidak menampakkan kesan elegan. Wajar kalau tanaman itu jarang dipelihara di taman dan perkarangan rumah.
Disebut sosor bebek karena bentuk daunnya menyerupai mulut bebek. Dalam ilmu taksonomi sosor bebek termasuk anggota keluarga Crassulaceae. Ia merupakan tanaman semak semusim dan punya sifat khas mendinginkan.
Batangnya berbentuk segi empat lunak beruas serta berwarna hijau. Daunnya tunggal tebal berbentuk lonjong dengan tepi bergerigi dan berwarna hijau. Bunga berbentuk malai dengan mahkota berbentuk corong dan berwarna merah. Bentuk buah kotak ungu dan bernoda putih. Masyarakat jawa menyebut sosor bebek sebagai tanaman ajaib. Soalnya bisa untuk menyembuhkan sepuluh jenis penyakit. Bagian yang digunakan adalah daunnya. Ramuan dari daun sosor bebek sejak dulu digunakan sebagai obat luar yang dioleskan di pusat sakit atau bagian tubuh yang terganggu.
Kandungan kimia Sosor Bebek (Kalanchoe pinnata Lamk Pers) glikosida yang mempunyai ikatan dengan kaemferol,briofilin,lendir,magnesium malat,dan damar. Dengan kandungan kimia itulah tanaman ini bersifat antipiretik,deuretik ekspektoran, dan antibakteri. Kegunaan sosor bebek untuk mengobati wasir,batuk rheumatik, sakit kepala,keseleo,demam,bisul,gatal-gatal luka gores dan luka bakar. Untuk jenis luka ramuan yang harus dipersiapkan adalah daun sosor bebek (secukupnya) dan sedikit air. Daun diparut lalu ditambah sedikit air. Sehingga menjadi pasta atau pilis untuk dibobokan atau dioleskan kebagian yang sakit. Pengolesan pasta kebagian yang luka itu bisa diulang setiap tiga jam sekali. Hingga rasa sakit mulai mereda dan lama-lama hilang.
Reff : Suara Merdeka 080114
Title: SOSOR BEBEK SEMBUHKAN 10 PENYAKIT; Written by PUSAT HERBAL INDONESIA; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment

PALING BANYAK DIKUNJUNGI

Griya Herbal Kami