SERAT MAKANAN PENTING GITU LOH

Perubahan gaya hidup yang dialami atau dilakukan banyak orang dewasa biasanya berkaitan pula dengan perubahan pola makan. Jenis makanan yang dipilih mengutamakan kepuasan mulut daripada kebutuhan tubuh. Akibatnya konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan kolesterol lebih banyak disukai daripada sayur-sayuran dan makanan nabati lainnya. Sebak lemak memang dapat memberi rasa enak pada makanan.
Padahal dalam sayur dan buah banyak terkandung serat makanan (dietary fibre) yang diperlukan untuk kesehatan tubuh. Kandungan serat yang tinggi dalam makanan memberi banyak manfaat seperti menurunkan resiko terhadap penyakit jantung koroner, diabetes militus (DM), obesitas dan kanker kolon.
Serat makanan merupakan bahan tumbuhan yang tahan terhadap pencernaan didalam usus manusia. Komponen ini hanya dapat dipecah oleh enzim yang dihasilkan oleh bakteri didalam usus besar, melalui proses yang disebut fermentasi.

Secara umum serat makanan dikelompokkan menjadi dua tipe ;
Pertama serat makanan yang larut dalam air (Soluble fibre) dan mudah terfermentasi. Kedua serat makanan yang tidak larut dalam air ( Insoluble fibre) dan terfermentasi secara lambat. Kedua tipe tersebut mempunyai sifat fisiologis yang berbeda. Serat makanan larut dan mudah terfermentasi sangat baik untuk mengatasi hiperkolesterol dan diabetes. Sedang serat yang tidak larut dan sulit terfermentasi sangat efektif untuk pencegahan sembelit, peradangan pada usus besar (diverkulitis), haemoroid (wasir) dan kanker kolon.

EFEK FISIOLOGIS
Efek fisiologis dari serat makanan terjadi antara lain karena sifat yang dimiliki masing-masing jenis serat. Antara lain sebagai berikut :
Pertama ; Viskositas. Serat makanan larut berupa gum (dihasilkan dari salah satu jenis makanan ) dan pektin ( bagian dari jaringan tanaman yang banyak terdapat pada kulit buah atau sayuran) dapat menaikkan viskositas ( kekentalan ) isi usus. Hal ini dapat menunda pengosongan perut, memperpanjang waktu transit (dari mulut sampai usus). Dan mengurangi kecepatan absorbsi didalam usus halus. Kelambatan absorbsi disebabkan oleh kenaikan ketebalan lapisan air dipermukaan usus halus, juga karena ada pertintangan gerakan zat gizi didalam jonjot-jonjot usus. Sebaliknya serat tak larut (misalnya bekatul gandum ) tidak memiliki sifat tersebut. Serat ini mempercepat pengosongan usus dan waktu transit sepanjang usus. Serat tak larut menaikkan jumlah feses (tinja) sebab tahan terhadap degradasi bakteri.
Kedua ; kapasitas pengikatan air. Didalam usus besar (kolon), selulosa,hemiselulosa, lignin yang merupakan serat tidak larut menyerap air. Sehingga volume fese (tinja) menjadi lebih besar. Serat tak larut juga mempersingkat waktu antara masuknya makanan dan dikeluarkan sebagai tinja. Hasilnya kontak antara zat-zat iritatif dan mukosa kolorektal (usus besar) menjadi singkat. Ini bisa mencegah timbulnya penyakit-penyakit kolon dan rektum. Hal ini sekaligus dapat menerangkan kegunaan serat makanan dalam mencegah timbulnya karsinoma atau kanker.
Ketiga ; Fermentabilitas. Serat larut seperti pektin, gum dan B-glukosa yang tergabung dalam senyawa karbohidrat hampir secara sempurna dapat terfermentasi dan tidak punya efek melancarkan buang air besar (laxative). Hasil penelitian memperlihatkan diet tinggi serat larut ini bisa menurunkan kadar kolesterol darah dan memperbaiki metabolisme karbohidrat,sehingga baik untuk penderita Diabetes Militus (DM). Bahan makanan sumber serat larut antara lain apel, jeruk, bekatul dari oat ( oat- bran), rumput laut, dan kacang-kacangan (legume). Kegunaan serat makanan dapat dimanfaatkan dalam pencegahan penyakit akibat tingginya kadar kolesterol seperti jantung koroner dan hipertensi. Komposisi serat makanan anjuran WHO adalah : Konsumsi serat makanan 25-40 gr/ hari. Sebab asupan serat yang berlebihan dapat mengganggu penyerapan vitamin larut lemak (A,D,E,K) dan mineral seperti Zat Besi (Fe), Seng (Zn), dan Kalsium (Ca).
Reff : Suara Merdeka 070218
Title: SERAT MAKANAN PENTING GITU LOH; Written by PUSAT HERBAL INDONESIA; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment

PALING BANYAK DIKUNJUNGI

Griya Herbal Kami