TANAMAN CIPLUKAN | TANAMAN JATI BELANDA

TANAMAN CIPLUKAN ( Physallis Peruviana L)

Tanaman Ciplukan merupakan tumbuhan semak semusim. Tumbuh di tanah-tanah kosong yang tidak terlalu becek, pinggir selokan, pinggir kebun,dan sawah. Ciplukan desebut physallis peruviana L. termasuk dalam famili tumbuhan Solanaceae. Nama daerahnya keceplokan,nyornyoran atau cecenet. Sifat tumbuhan ini analgetik (penghilang rasa sakit) peluruh air kencing (diuretic),menetralkan racun, meredakan batuk,mengaktifkan fungsi kelenjar-kelenjar tubuh dan anti tumor.
Kandungan dan Manfaat tumbuhan mempunyai kandungan kimia yang sudah diketahui berupa Chlorogenik acid, asam citrun dan fisalin,flavonoid, saponin,polifenol. Buah mengandung asam malat, alkaloid,tannin,kriptoxantin, vitamin C dan gula. Biji mengandung elaidic acid.
Berdasarkan penelitian dan pengalaman di berbagai daerah dan negara, ciplukan dapat digunakan untuk mengobati penyakit influenza, sakit tenggorokan,batuk rejan, bronchitis,gondongan, pembengkakan buah pelir, diabetes militus,sakit paru,paru, dan pembengkakan prostat.
Reff: arsip reza florist n herbal

TANAMAN JATI BELANDA (Guazauma Ulmifolia )

Merupakan tanaman obat yang berfungsi menguruskan badan atau menurunkan berat badan. Jati Belanda ( Guazauma Ulmifolia ) berasal dari Amerika. Dipulau jawa tumbuhan ini tumbuh liar. Nama lain jati belanda adalah jati londo asing guasima (Mexico),Bastard cedar (Inggris).
Kandungan dan Manfaat Jati Belanda adalah mengandung kafein,sterol dan amsa fenolat. Tanin dan musilago yang terdapat dalam jati belanda mengendapkan mukosa protein yang ada di dalam permukaan intestin (usus halus). Sehingga mengurangi penyerapan makanan. Obesitas dapat terhambat. Menurut penelitian Jati Belanda berfunsi untuk menurunkan kadar kolesterol ( Monica 2000, dalam suharmiati dan herti, 2003). Daun jati belanda berkhasiat sebagai obat pelangsing tubuh dan bijinya sebagai obat mencret,obat penyakit cacing,kaki gajah, menciutkan urat darah. Pemakaian jati belanda dalam jangka panjang tidak mempengaruhi fungsi lever atau hati. Tanaman lain yang berfungsi menurunkan berat badan, melarutkan lemak, anti diare,astringen antara lain Kemuning (Murraya Paniculata) dan Kunci Pepet ( Kaempferia Agustifolia)
Reff: arsip reza florist n herbal
Title: TANAMAN CIPLUKAN | TANAMAN JATI BELANDA; Written by PUSAT HERBAL INDONESIA; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment

PALING BANYAK DIKUNJUNGI