TANAMAN BROTOWALI | DAUN SENDOK

TANAMAN BROTOWALI ( Tinospora Crispa)

Tanaman brotowali telah lama digunakan oleh nenek moyang bangsa Indonesia untuk mengobati berbagai penyakit. Salah satunya adalah sebagai obat penyakit Kencing Manis (Diabetes Militus) dan pembersih darah. Tanaman brotowali memang cukup kaya dengan kandungan bahan kimia yang bermanfaat diantaranya alkaloid,damar lunak,pati, glikosida pikroretosid, zat pahit pkiroretin, harsa,berberin, palmatin,kolumbin, dan kokulin. Dengan beragam kandungan tersebut brotowali mempunyai efek sebagai penghilang rasa sakit,antipiretik,melancarkan meredian dan antineoplastik. Sifat tanaman ini sejuk dengan rasa pahit sehingga tepat untuk sakit kencing manis. Fungsi lain sebagai obat demam kuning, demam sumbatan cairan empedu dan rematik.Reff: arsip reza florist n herbal

DAUN SENDOK ( Plantago Mayor)

Daun sendok termasuk dalam famili plantaginaceae. Termasuk tanaman yang mudah ditemukan disekitar kita. Nama daerahnya daun urat,kuping menjangan,ki uta ceuli, sangkauah, suri pandak dan torongoat. Bentuknya memnag sederhana, namun memiliki khasiat yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Sifat yang dimiliki oleh tumbuhan ini adalah ; anti inflamasi (anti radang), diuretic (peluruh kencing), peluruh dahak, menghentikan bauk (antitusif), antiseptic, aphrodisiac (meningkatkan kemampuan seksual ), memperbaiki penglihatan dan menormalkan hati (lever)
Kandungan dan manfaat daun sendok antara lain memiliki kandungan zat plantagin,aucubin,ursolic, acid, bethasitosterol, hentriacontane, dan plantaglucide yang terdiri dari methyl d-galakturonate, yang terdiri dari methyl d-galakturonate, D-3 galaktose, L-arabinose, dan L- Rhammose. Juga mengandung tannin , kalium dan vitamin B1, C, A. Kalium bersifat peluruh kencing dan melarutkan endapan kalsium yan terdapat dalam ginjal dan kandung kencing. Zat aktif aukubin selain bersifat melindungi hati (Hepatoprotektor) juga berkhasiat sebagai antiseptic.
Daun sendok berkhasiat mengobati penyakit infeksi saluran kencing, kencing berlemak,kencing berdarah, bengkak karena penyakti ginjal, batu empedu, batu ginjal, radang prostate, kencing sedikit,mengobati influenze, batuk rejan, batuk sesak, batuk darah, radang saluran napas (bronchitis), keputihan, diare,disentri,nyeri lambung,diare dan hepatitis.
Reff: arsip reza florist n herbal
Title: TANAMAN BROTOWALI | DAUN SENDOK; Written by PUSAT HERBAL INDONESIA; Rating: 5 dari 5

1 comment:

PALING BANYAK DIKUNJUNGI

Griya Herbal Kami