PASAK BUMI | TANAMAN BELUNTAS

TANAMAN PASAK BUMI ( Eurycoma Longifolia)


Penamaan pasak bumi memang cocok dengan bentuk dari akar tanaman ini mirip seperti kayu atau paku dari kayu yang menancap lurus ke bumi. Tanaman ini banyak ditemukan tumbuh di Kalimantan,Sumatera dan Irian. Di Malaysia yang berbatasan dengan Kalimantan Utara, tanaman ini juga ditemukan dan lebih dikenal dengan nama Tongkat Ali. Tanaman ini dikenal sejak lama sebagai obat kuat laki- laki. Ini sebernarnya terkait dengan dengan efek androgenik batang pasak bumi. Efek androgenik hormon androgen yaitu hormon yang berfungsi untuk penanda dan pengatur pada susunan syaraf pusat sehingga tercipta tingkah laku,sifat pubertas dan karakter seks.
Reff: arsip reza florist n herbal


TANAMAN BELUNTAS ( Pluchea Indica)

Beluntas (pluchea indica ), nama tumbuhan ini mungkin jarang kita dengar. Tapi sebenarnya bentuk tanaman ini tidak seasing namanya. Jika kita perhatikan dengan seksama, hampir dapat dipastikan orang akan langsung mengenalnya sebagai tanaman yang sering digunakan sebagai tanaman pagar. Beluntas merupakan tanaman perdu tegak,berkayu,bercabang banyak,dengan tinggi bisa mencapai 2 meter.
Kandungan dan Manfaat secara tradisional daun beluntas digunakan sebagai obat untuk menghilangkan bau badan,obat turun panas, obat batuk, dan obat diare. Daun beluntas yang telah direbus sangat baik untuk mengobati sakit kulit. Penelitian yang dilakukan oleh Paini Sri Widyawati ( 2005) menunjukkan daun beluntas memiliki potensi sebagai antioksidan alami dan dapat menggantikan kedudukan TBHQ dan betakaroten sebagai antioksidan. Daun beluntas berpotensi juga untuk digunakan sebagai obat anti radang (inflamasi ) dan obat diare karena kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan bakteri S. aureus dan E. Coli.
Reff: arsip reza florist n herbal
Title: PASAK BUMI | TANAMAN BELUNTAS; Written by PUSAT HERBAL INDONESIA; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment

PALING BANYAK DIKUNJUNGI

Griya Herbal Kami