KHASIAT BUAH DELIMA | Punica granatum L

Khasiat Delima ( Punica granatum L) untuk kesehatan sudah dikenal sejak dulu. Menurut American Journal of Clinical Nutrition (2003) seseorang yang minum 200ml/hari selama satu minggu berturut-turut bakal meningkatkan aktivitas antioksidan sekitar sembilan persen. Zat ini sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit kanker.
Dalam konferensi kanker yang diadakan American Association for Cancer Research (AACR), November 2003 diapaparkan temuan bahwa ekstrak buah delima bisa membantu menyembuhkan dan mencegah kanker kulit.
Majalah Time edisi Desember 2003 pun pernah mengupas habis khasiat biji delima. Dalam 100 gr biji buah delima terkandung 259 mg kalium, 63 kal energi metabolis dan 30 mg Vitamin C.
Disebutkan pula kalau buah ini memiliki kandungan Flavonoid yang cukup tinggi. Flavonoid merupakan jenis antioksidan kuat, yang amat berperan dalam menurunkan radikal bebas, sehingga bisa memberi perlindungan terhadap penyakit jantung dan kanker kulit. Kandungan antioksidan dalam satu gelas jus delima lebih banyak ketimbang segelas red wine, green tea, dan orange juice.
Sejak itulah budi daya tanaman delima berkembang pesat di AS, terutama di California. Hasil panen dipasok ke Industri-industri sari buah delima yang disebut pom wonderful. Empat buah delima dapat diolah menjadi sebotol pom wonderful yang dijual dengan harga empat dolar AS (sekitar Rp. 38.000 ) per botol.
Pom wonderful kini menjadi tren minuman kesehatan di AS. Rasanya yang segar,manis dan kesat membuat banyak konsumen tertarik. Apalagi mengingat khasiatnya yang bagus untuk kesehatan. Material yang digunakan adalah biji buah delima berwarna merah bukan putih sebagaimana dijumpai di Indonesia.
Khasiat sari buah delima selain mengobati penyakit kanker juga untuk mengobati penyakit cacing dan diare (kulit akar dan kulit batangnya mengandung alkaloid peliterin ). Air rebusan bunga bisa untuk meredakan sakit gigi. Kulit akar, kulit batang, kulit buah mengandung zatpenyamak tanin yang berkhasiat mengecikan pori-pori,antiseptik, dan hemostatik (keputihan). Kadar tanin tertinggi terdapat pada kulit akar ( 28 %), sedangkan kulit buah ( 26 % ).
Menurut Anorital dan Yuningprapti (1995) kulit buah delima termasuk golongan slightly toxic serta memiliki daya anti bakteri terhadap salmonella typhi: penyebab penyakit typus. Mari budidayakan tanaman buah Delima ( Punica granatum L).
Reff : Suara Merdeka 071224
Title: KHASIAT BUAH DELIMA | Punica granatum L ; Written by PUSAT HERBAL INDONESIA; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment

PALING BANYAK DIKUNJUNGI