SIFAT TANAMAN OBAT

TONIK :
Tanaman obat mampu mendorong proses metabolisme didalam tubuh sehingga dihasilkan energi yang dibutuhkan dalam segala kegiatan. Energi yang dihasilkan ini sangat dibutuhkan baik untuk mengaktifkan saraf pusat agar mampu peka terhadap rangsangan maupun untuk mendukung dan memelihara aktivitas yang terjadi.

ADAPTOGEN :
Meningkatkan daya tahan sehingga memungkinkan tetap tenang meskipun banyak masalah dan ketegangan.

ANTI NEOPLASTIK :
Merusak pembentukan ribosom pada sel kanker/menghambat pertumbuhan kanker.

ANALEPTIK :
Menjaga tubuh agar tetap segar. Tidak lesu karena aktivitas panjang dan membosankan.

ANALGETIK : Penghilang rasa sakit.

ANTI PIRETIK : Penurun panas.

DIURETIK : Meluruhkan kencing.

ANTI TUSIF : Menghentikan batuk

APHRODISIAC : Meningkatkan kemampuan seksual.

ANTI INFLAMASI : Anti radang

ANTI PRURITIC : Menghilangkan gatal

ANTI COAGULANT : Mencairkan bekuan darah

HEPATOPROTEKTOR : Pelindung Hati.

Reff: arsip reza florist n herbal

Read more ...

BIJI PALA

BIJI PALA (Myristica Fragans)

Semakin banyak kesibukan dan usia yang meningkat sering menyebabkan gangguan susah tidur. Padahal akibat kurang tidur bisa memicu terjadinya beragam penyakit. Salah satunya adalah penyakit parkinson. Terjadi karena degenerasi sel-sel otak yang menghasilkan dopamine. Obat kimia untuk mengatasi susah tidur memang ada namun mempunyai kelemahan berupa adanya efek samping ketika digunakan dalam jangka panjang serta bisa menyebabkan ketergantungan dan menimbulkan kebutuhan untuk meningkatkan dosis secara terus menerus. Padahal ada obat herbal yang sangat berkhasiat untuk mencegah gangguan susah tidur yaitu Biji Pala (Myristica Fragans). Biji pala berfungsi juga untuk memperpanjang waktu tidur, mencegah parkinson dengan perbaikan waktu tidur.
Reff: arsip reza florist n herbal
Read more ...

TANAMAN PURWOCENG | TANAMAN ADAS

TANAMAN PURWOCENG (Pimpinella Alpina)

Tanaman purwoceng adalah tanaman legendaris yang dijadikan obat kuat oleh para raja atau kalangan istana didaerah jawa. Nama ilmiahnya adalah Pimpinella Alpina. Tumbuhan ini biasanya diketemukan hidup pada ketinggian 2000 meter d.p.l. Wujudnya adalah semak kecil merambat di atas permukaan tanah seperti tumbuhan pegagan dan semanggi gunung. Daunnya kecil-kecil berwarna hijau kemerahan dengan diameter 1-3 cm. Dari berbagai penelitian yang dilakukan dibeberapa perguruan tinggi dalam negeri dapat disimpulkan bahwa ada efek nyata dari tanaman purwoceng terhadap peningkatan kemampuan seksual.Reff: arsip reza florist n herbal

TANAMAN ADAS ( Foeniculum Vulgare )

Tanaman adas punya nama lain diantaranya ; hades (sunda), adas,adas londa (Jawa), Wala wungu(Sumba), Adeh, manih (Minagkabau) dan masih banyak lagi yang lain. Adas telah dibudidayakan di Indonesia sejak lama, dan biasa dimanfaatkan sebagai sayuran , tanaman bumbu atau tanaman obat. Tumbuhan ini dapat hidup dari dataran rendah sampai ketinggian 1.800 m diatas permukaan laut. Namun tanaman ini akan tumbuh lebih baik jika ditanam pada dataran tinggi.
Khasiat mengobati sakit perut (mulas) kembung, mual, muntah,diare, sakit kuning, kurang nafsu makan, batuk berdahak, sesak napas, haid tidak teratur, hernia inguinalis, rematik goul,keracunan tumbuhan obat atau jamur.
Reff: arsip reza florist n herbal
Read more ...

TANAMAN SECANG | TANAMAN TEMPUYUNG

TANAMAN SECANG (Caesalpinia Sappan)

Secang biasanya dibuat minuman dan telah lama dikonsumsi oleh nenek moyang bangsa Indonesia. Khususnya kalangan kraton tanah Jawa. Tanaman secang secara pengalaman bisa mendongkrak stamina sehingga tubuh lebih tahan terhadap serangan penyakit. Kelebihan lain adalah apabila dibuat minuman tidak terasa pahit justru menjadi lebih enak dinikmati disegala cuaca terlebih saat udara dingin. Tanaman ini mempunyai efek astringen, antivirus, antibakteri, penawar racun menghentikan pendarahan, anti peradangan dan penghilang rasa sakit. Fungsi untuk batuk darah / TBC, pembersih darah,tetanus,peradangan,malaria.Reff: arsip reza florist n herbal

TANAMAN TEMPUYUNG ( Sonchus Arvenssis L.)
Tanaman Tempuyung termasuk dalam tumbuhan Compositae. Tumbuhan ini memiliki efek farmakologi berupa menghilangkan panas dan racun, diuretic (peluruh kencing), penghancur batu saluran kencing, dan batu empedu. Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah seluruh tanaman.
Kandungan dan Manfaat tempuyung adalah alfa lactucerol, betha laktucerol, manitol, inositol, silika,kalium, flavonoid, taraksasterol, tanin, polifenol, magnesium dll. Kegunaan tumbuhan ini untuk mengobati penyakit kandung kencing dan empedu berbatu,hipertensi, kencing batu.Reff: arsip reza florist n herbal
Read more ...

DAUN UNGU | TANAMAN MIMBA

DAUN UNGU (Graptophyllum Pictum)

Tanaman daun wungu mempunyai kandungan kimia antara lain alkaloid non toksik,flavonoid,glikosid,steroid,saponin,tanin, calsium oksalat, asam format, dan lemak. Dengan berbagai kandungan kimiawinya ini daun wungu mempunyai sifat sebagai anti inflamasi,peluruh air seni, mempercepat pemasakan bisul, pencahar ringan, pelembut kulit kaki, melunakkan faeces,mengatasi sembelit dan mengempiskan wasir.
Reff: arsip reza florist n herbal


TANAMAN MIMBA (Azadirachta Indica)

Mimba mempunyai rasa pahit dengan sifat netral. Beragam jenis penyakit bisa dibantu pengobatannta dengan menggunakan bagiantanaman ini. Meski demikian penelitian juga menunjukkan bahwa mimba bersifat toksid sehingga orang yang mengkonsumsi obat herbal ini harus mematuhi dosis yang telah ditetapkan. Beberapa kandungan kimia yang terdapat pada mimba diantaranya azadirachtin,minyak gliserida, acetiloksifuranil-dekahidrotetrametil acid, ksosiklopentanatolfuran, asetat-keton dan heksahidro-hidrositetrametil-fenantenon (nimbol).
Efek Farmakologis ; mimba sebagai anti diabets/diabets, anti diare, anti peuretic, anti bius, serta merangsang dan mengaktifkan kelenjar-kelanjar.
Reff: arsip reza florist n herbal
Read more ...

TANAMAN BROTOWALI | DAUN SENDOK

TANAMAN BROTOWALI ( Tinospora Crispa)

Tanaman brotowali telah lama digunakan oleh nenek moyang bangsa Indonesia untuk mengobati berbagai penyakit. Salah satunya adalah sebagai obat penyakit Kencing Manis (Diabetes Militus) dan pembersih darah. Tanaman brotowali memang cukup kaya dengan kandungan bahan kimia yang bermanfaat diantaranya alkaloid,damar lunak,pati, glikosida pikroretosid, zat pahit pkiroretin, harsa,berberin, palmatin,kolumbin, dan kokulin. Dengan beragam kandungan tersebut brotowali mempunyai efek sebagai penghilang rasa sakit,antipiretik,melancarkan meredian dan antineoplastik. Sifat tanaman ini sejuk dengan rasa pahit sehingga tepat untuk sakit kencing manis. Fungsi lain sebagai obat demam kuning, demam sumbatan cairan empedu dan rematik.Reff: arsip reza florist n herbal

DAUN SENDOK ( Plantago Mayor)

Daun sendok termasuk dalam famili plantaginaceae. Termasuk tanaman yang mudah ditemukan disekitar kita. Nama daerahnya daun urat,kuping menjangan,ki uta ceuli, sangkauah, suri pandak dan torongoat. Bentuknya memnag sederhana, namun memiliki khasiat yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Sifat yang dimiliki oleh tumbuhan ini adalah ; anti inflamasi (anti radang), diuretic (peluruh kencing), peluruh dahak, menghentikan bauk (antitusif), antiseptic, aphrodisiac (meningkatkan kemampuan seksual ), memperbaiki penglihatan dan menormalkan hati (lever)
Kandungan dan manfaat daun sendok antara lain memiliki kandungan zat plantagin,aucubin,ursolic, acid, bethasitosterol, hentriacontane, dan plantaglucide yang terdiri dari methyl d-galakturonate, yang terdiri dari methyl d-galakturonate, D-3 galaktose, L-arabinose, dan L- Rhammose. Juga mengandung tannin , kalium dan vitamin B1, C, A. Kalium bersifat peluruh kencing dan melarutkan endapan kalsium yan terdapat dalam ginjal dan kandung kencing. Zat aktif aukubin selain bersifat melindungi hati (Hepatoprotektor) juga berkhasiat sebagai antiseptic.
Daun sendok berkhasiat mengobati penyakit infeksi saluran kencing, kencing berlemak,kencing berdarah, bengkak karena penyakti ginjal, batu empedu, batu ginjal, radang prostate, kencing sedikit,mengobati influenze, batuk rejan, batuk sesak, batuk darah, radang saluran napas (bronchitis), keputihan, diare,disentri,nyeri lambung,diare dan hepatitis.
Reff: arsip reza florist n herbal
Read more ...

TANAMAN CAKAR AYAM | TANAMAN TAPAK DARA

TANAMAN CAKAR AYAM
(Sellaginella Doederleinii Hieron)

Tanaman cakar ayam mempunyai nama latin Sellaginella doederleinii hieron. Termasuk dalam famili tumbuhan sellaginellaceae. Tumbuhan ini dikenal juga dengan nama rumput solo ataua cemara kipas gunung. Tumbuhan yang biasanya hidup di daerah dingin ini mempunyai sifat Antipiretik ( penurun panas), Antitoxic ( anti racun), Anti kanker, hemostatik ( menghentikan pendarahan), anti bengkak,pembersih darah, stomakikum.
Manfaat dan Kandungan kimia tumbuhan ini yang sudah diketahui antara lain saponin,phytosterol,dan alkaloid. Herba cakar ayam dengan kandungan kimia yang dimilikinya dapat digunakan untuk mengobati penyakit ; kanker ( kanker rahim, kanker nashopharinx, kanker paru, chorioepithelioma, choricarcinoma), infeksi saluran napas, Hepatitis, Cholecyititis, Cirrosis, Infeksi saluran kencing, Polip.Reff: arsip reza florist n herbal

TANAMAN TAPAK DARA ( Catharantus Roseus)

Herbal tapak dara mempunyai kandungan kimia yang sangat banyak,bahkan tercatat lebih dari 70 macam alkaloid, yang terdapat pada akar,batang,daun dan biji. Pada tapak dara terdapat juga alkaloid sebagai anti kanker. Tanaman tapak dara mempunyai sifat sebagai anti kanker,sitostatika,hipotensif, penenang,menyejukkan darah, menghentikan pendarahan, membantu juga mengobati penyakit kanker Leukimia, Hipertensi, Diabetes Militus.Reff: arsip reza florist n herbal
Read more ...

TANAMAN KELADI TIKUS | JAMUR LINGZHI

TANAMAN KELADI TIKUS
(Typhonium Flagelliforme) (Lodd)

Tumbuhan keladi tikus mempunyai nama latin Typhonium Flagelliaforme. Termasuk kedalam famili tumbuhan Araceae. Tumbuhan yang punya nama asing Rudent Tuber ini telah digunakan oleh penduduk Malaysia sebagai obat penyakit kanker. Hasil penelitian dari berbagai lembaga dan perguruan tinggi Malaysia dan beberapa negara menunjukkan bahwa sari tanaman (juice) ini dapat menghanculkan sel kanker. Secara umum hasil penelitian menunjukkan efek, membunuh / menghambat pertumbuhan sel kanker, menghilangkan efek buruk kemoterapi dan bersifat anti virus dan anti bakteri.
Kandungan Kimia tanaman ini belum banyak diketahui atau belum dipublikasikan. Namun berdasarkan literatus yang mencatat hasil penelitian dan pengalaman secara turun temurun dari berbagai negara dan daerah tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit kanker payudara,paru-paru,usus besar,rectum,lever,prosta,ginjal,leher rahim,tenggorokan,tulang,otak, limpa, leukimia,empedu, dan pankreas. Dan berdasarkan informasi pengalaman dari pemakai,herbal ini bisa digunakan untuk menetralisir racun narkoba.
Reff: arsip reza florist n herbal

JAMUR LINGZHI (Ganoderma Lucidum)

Khasiat jamur Lingzhi telah dibuktikan selama puluhan bahkan ratusan tahun. Jamur ini sudah digunakan semenjak 4743 tahun yang lalu di negeri China. Khasiatnya bisa dibilang luar biasa. Ini tak lain karena jamur ini mengandung senyawa germanium organik yang sangat tinggi. Lebih tinggi dibandingkan yang terdapat pada Ginseng. Zat lain yang menonjol adalah jenis polisakarida, yang berkhasiat berbagai obat. Selain itu ada juga Adenosin, triterpenoid, dan asam ganoderik yang juga berkhasiat obat. Sinergi berbagai kandungan kimia alami dalam jamur lingzhi inilah yang memberikan efek pengobatan yang luar biasa. Manfaat Jamur Lingzhi adalah meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit, mengatasi susah tidur, menurunkan kadar kolesterol ( ref. Peduli Kolesterol ), sebagai terapi hepatitis kronis, memperlamabat pertumbuhan sel kanker,meningkatkan gairah seksual.
Reff: arsip reza florist n herbal
Read more ...

TANAMAN CIPLUKAN | TANAMAN JATI BELANDA

TANAMAN CIPLUKAN ( Physallis Peruviana L)

Tanaman Ciplukan merupakan tumbuhan semak semusim. Tumbuh di tanah-tanah kosong yang tidak terlalu becek, pinggir selokan, pinggir kebun,dan sawah. Ciplukan desebut physallis peruviana L. termasuk dalam famili tumbuhan Solanaceae. Nama daerahnya keceplokan,nyornyoran atau cecenet. Sifat tumbuhan ini analgetik (penghilang rasa sakit) peluruh air kencing (diuretic),menetralkan racun, meredakan batuk,mengaktifkan fungsi kelenjar-kelenjar tubuh dan anti tumor.
Kandungan dan Manfaat tumbuhan mempunyai kandungan kimia yang sudah diketahui berupa Chlorogenik acid, asam citrun dan fisalin,flavonoid, saponin,polifenol. Buah mengandung asam malat, alkaloid,tannin,kriptoxantin, vitamin C dan gula. Biji mengandung elaidic acid.
Berdasarkan penelitian dan pengalaman di berbagai daerah dan negara, ciplukan dapat digunakan untuk mengobati penyakit influenza, sakit tenggorokan,batuk rejan, bronchitis,gondongan, pembengkakan buah pelir, diabetes militus,sakit paru,paru, dan pembengkakan prostat.
Reff: arsip reza florist n herbal

TANAMAN JATI BELANDA (Guazauma Ulmifolia )

Merupakan tanaman obat yang berfungsi menguruskan badan atau menurunkan berat badan. Jati Belanda ( Guazauma Ulmifolia ) berasal dari Amerika. Dipulau jawa tumbuhan ini tumbuh liar. Nama lain jati belanda adalah jati londo asing guasima (Mexico),Bastard cedar (Inggris).
Kandungan dan Manfaat Jati Belanda adalah mengandung kafein,sterol dan amsa fenolat. Tanin dan musilago yang terdapat dalam jati belanda mengendapkan mukosa protein yang ada di dalam permukaan intestin (usus halus). Sehingga mengurangi penyerapan makanan. Obesitas dapat terhambat. Menurut penelitian Jati Belanda berfunsi untuk menurunkan kadar kolesterol ( Monica 2000, dalam suharmiati dan herti, 2003). Daun jati belanda berkhasiat sebagai obat pelangsing tubuh dan bijinya sebagai obat mencret,obat penyakit cacing,kaki gajah, menciutkan urat darah. Pemakaian jati belanda dalam jangka panjang tidak mempengaruhi fungsi lever atau hati. Tanaman lain yang berfungsi menurunkan berat badan, melarutkan lemak, anti diare,astringen antara lain Kemuning (Murraya Paniculata) dan Kunci Pepet ( Kaempferia Agustifolia)
Reff: arsip reza florist n herbal
Read more ...

PASAK BUMI | TANAMAN BELUNTAS

TANAMAN PASAK BUMI ( Eurycoma Longifolia)


Penamaan pasak bumi memang cocok dengan bentuk dari akar tanaman ini mirip seperti kayu atau paku dari kayu yang menancap lurus ke bumi. Tanaman ini banyak ditemukan tumbuh di Kalimantan,Sumatera dan Irian. Di Malaysia yang berbatasan dengan Kalimantan Utara, tanaman ini juga ditemukan dan lebih dikenal dengan nama Tongkat Ali. Tanaman ini dikenal sejak lama sebagai obat kuat laki- laki. Ini sebernarnya terkait dengan dengan efek androgenik batang pasak bumi. Efek androgenik hormon androgen yaitu hormon yang berfungsi untuk penanda dan pengatur pada susunan syaraf pusat sehingga tercipta tingkah laku,sifat pubertas dan karakter seks.
Reff: arsip reza florist n herbal


TANAMAN BELUNTAS ( Pluchea Indica)

Beluntas (pluchea indica ), nama tumbuhan ini mungkin jarang kita dengar. Tapi sebenarnya bentuk tanaman ini tidak seasing namanya. Jika kita perhatikan dengan seksama, hampir dapat dipastikan orang akan langsung mengenalnya sebagai tanaman yang sering digunakan sebagai tanaman pagar. Beluntas merupakan tanaman perdu tegak,berkayu,bercabang banyak,dengan tinggi bisa mencapai 2 meter.
Kandungan dan Manfaat secara tradisional daun beluntas digunakan sebagai obat untuk menghilangkan bau badan,obat turun panas, obat batuk, dan obat diare. Daun beluntas yang telah direbus sangat baik untuk mengobati sakit kulit. Penelitian yang dilakukan oleh Paini Sri Widyawati ( 2005) menunjukkan daun beluntas memiliki potensi sebagai antioksidan alami dan dapat menggantikan kedudukan TBHQ dan betakaroten sebagai antioksidan. Daun beluntas berpotensi juga untuk digunakan sebagai obat anti radang (inflamasi ) dan obat diare karena kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan bakteri S. aureus dan E. Coli.
Reff: arsip reza florist n herbal
Read more ...

TANAMAN BINAHONG | TANAMAN TEMULAWAK

TANAMAN BINAHONG

Binahong adalah tanaman obat dari daratan Tiongkok yang dikenal dengan nama asli Dhen San Chi. Tumbuhan ini telah dikenal memiliki kasiat penyembuhan yang luar biasa dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan dll. Seluruh bagian tanaman menjalar ini berkhasiat mulai dari akar, batang dan daunnya. Pemanfaatannya bisa direbus atau dimakan sebagai lalapan untuk daunnya. Semakin praktis kini binahong dikemas dalam bentuk kapsul sehingga mudah dikonsumsi. Mempercepat pemulihan kesehatan setelah operasi, melahirkan , khitan, segala luka-luka dalam, radang usus. Kegunaan lainnya melancarkan dan menormalkan peredaran dan tekanan darah, mencegah stroke, maag, asam urat, menambah dan mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh, wasir (ambeien), melancarkan buang air besar dan kecil, Diabetes, sariawan berat.



TANAMAN TEMULAWAK ( Curcuma Xanthorriza. Roxb. )

Temulawak adalah herbal khas yang diperoleh di Indonesia mempunyai fungsi sebagai hepatoprotektor (melindungi hati ) dari berbagai penyakit yang menyerang lever, diantaranya hepatitis. Temulawak disebut juga Curcuma Xanthorriza. Roxb. Termasuk kedalam famili tumbuhan Zangiberaceae. Memiliki efek farmakologi anti sembelit, acne vulgaris (menyingkirkan jerawat), anti inflamasi, dan anti hepatotoksid, pelancar ASI, tonikum, peluruh air seni, anti jamur dan menghambat bakteri.
Kandungan dan manfaatnya antara lain tumbuhan ini kaya dengan minyak menguap, fellandren dan turmerol, kurkumin, zat tepung, kamfer, glikosida, toluyl metil karbinol dan 1 siklosoprenmyrsen. Menurut penelitian tanaman ini dapat menjadi obat penyakit : Maag, bau badan, sembelit, kurang ASI, asma, cacar air, sariawan, bau badan, anti jerawat, hepatitis, dan penyakit kandung empedu.
Read more ...

TANAMAN MENIRAN | TANAMAN SAMBILOTO

TANAMAN MENIRAN ( Phyllanthus Urinaria )


Meniran mempunyai nama lain juga Phyllanthus niruri. Masuk dalam famili tumbuhan Euphorbiaceae. Tumbuhan ini sangat mudah tumbuh di sekitar perkarangan rumah. Memiliki efek farmakologis,astrigent-diureticum (peluruh air seni), anti piretik ( penurun panas ), peluruh batu, anti hepatotoksik.
Meniran mempunyai kandungan kimia berupa Filantin, hipofilantin,kalium, damar, tanin, flavanoid, alkaloid, triperpenoid, asam lemak, dan vitamin C.

TANAMAN SAMBILOTO ( Andrographis Paniculata )
Sambiloto termasuk kedalam famili tumbuhan Acantaceae. Nama daerahnya papaitan. Tumbuhan ini memiliki berbagai sifat yang bermanfaat bagi manusia. Diantaranya sebagai anti piretik (penurun panas atau panas dalam ), anti racun, anti radang, dan anti bengkak. Obat ini merusak sel trophocyt dan trophoblast berperan dalam kondensasi cytoplasma dari sel tumor, piknosis dan menghancurkan inti selnya. Tumbuhan ini efektif untuk infeksi dan merangsang phagositosis. Mempunyai efek hipoglikemik, hipotermian, diuretic, anti bakteri dan analgesic.
Kandungan dan manfaatnya tumbuhan ini memiliki kandungan zat yang berguna bagikesehatan manusia. Diantaranya laktone dari cabang dan daun berupa doxy andrographolide, neoandrographolide, 14 deoxy- 11, 12 didehydroandrographolide dan hormonandrographolide. Flavonoid dari akar berupa polymethoxy-flavone, andrographin, panicolin, mono-o-methilwhithin dan apigenin-7, 4-dimethylether, alkane, ketone,aldehyde,kalium,kalsium,natrium, dan asam kersik. Andro grapholide sekurang-kurangnya 1 %, -kalmegin, zat amorf dan hablur kuning,pahit sampai sangat pahit. Berdasarkan berbagai literatur hasil penelitian dan pengalaman dari berbagai daerah dan negara, sambiloto dapat mengobati penyakit typus abdominalis, disentri basiler, diare, flu, sakit kepala, demam, panas, radang paru, radang saluran napas, TBC, batuk rejan, darah tinggi, infeksi mulut, amandel, radang tenggorokan, kencing manis, kencing nanah (gonorrhoea),kolesterol dan asam urat.
Read more ...

TANAMAN PEGAGAN | BENALU TEH

TANAMAN PEGAGAN ( Centella Asiaica L )

Pegagan termasuk kedalam famili tumbuhan Umbelliferae atau Apiaceae. Dikenal sebagai rumput kaki kuda, antanan gede, panegowang atau kisu-kisu. Pegagan dikenal aman dan efektif untuk mengobati berbagai penyakit. Tumbuhan ini bersifat anti infeksi, anti racun, penurun panas (antipiretik ), peluruh air kencing, anti lepra, anti sifilis, sekaligus merevitalisasi sel kulit. Merevitalisasi sel tubuh dan kesuburan wanita. Memperbaiki sirkulasi dengan merevitalisasi pembuluh darah.
Pegagan mengandung beberapa senyawa saponin, termasuk asiaticoside,asam asiatat, madecassoside, thankunside, isothankuside, brahmoiside, brahmic asid, triterpen, acid, madasiatic acid, mesoinosetol, centellose, carotenoids, garam K, Na, Ca, Fe, fosfor, Velarrine, tannin, mucilage, resin, pectin, gula, vitamin B, minyak lemak, kalsium oksalat, amygdalin. Khasiat pegagan untuk mengobati wasir, darah tinggi, sakit perut, ayan, revitalisasi sel ( luka, luka bakar, borok kulit, mencegah keloid), kesuburan wanita, campak, infeksi batu saluran kencing, susah kencing, pembengkakan hati, batuk darah, demam, radang amandel, sakit tenggorokan, Bronchitis.

BENALU TEH
Benalu teh adalah pohon benalu yang tumbuh di pohon teh, menurut Prof. Sujiyo Pramono dari Fakultas Farmasi UGM, benalu secara umum mengandung obat dan benalu teh terbukti berkhasiat melawan penyakit-penyakit kanker payudara, kanker rahim, kanker kulit dan otak. Sebagai obat tradisional masyarakat di berbagai negara sebenarnya sudah lama memanfaatkan benalu untuk menyembuhkan beragam penyakit. Diantaranya benalu digunakan sebagai obat penyakit cacar air, cacar sapi, diare, cacing tambang,. Tumor, dan kanker. Orang Cina juga memanfaatkan benalu untuk pengobatan kelainan hati dan merangsang pertumbuhan rambut. Khasiat lain untuk anti radang,anti oksidan, pereda sakit,anti virus, mencegah keracunan hati, anti alergi.
Read more ...

SARANG SEMUT | TANAMAN TEMU IRENG

SARANG SEMUT ( Myrmecodia Pendens )


Sarang semut merupakan salah satu tumbuhan epifit dari hydnophytinae ( rubiaceae) yang bersimbiosis dengan semut dan dikatakan bersifat epifit karena tumbuhan ini menempel pada tumbuhan lain tetapi tidak hidup secara parasit pada inangnya sehingga hanya sebagai tempat menempel saja.
Kandungan dan Manfaat tumbuhan ini secara tradisi, sarang semut digunakan sebagai tanaman obat oleh masyarakat pedalaman di bagian barat Wamena, Papua. Suku-suku di Bogondini dan Tolikara lazim memanfaatkan untuk mengatasi rematik dan asam urat. Sarang semut mengandung flavanoid dan tanin. Flavonoid berfungsi sebagai antioksidan, yang bisa mencegah sekaligus mengatasi serangan kanker. Mekanisme kerja flavonoid dalam mengatasi kanker dengan membuat karsinogen tidak aktif, penghambat siklus sel, dan induksi apoptosis. Disamping itu, juga mengandung tokoferol, tokoferol mirip vitamin E, yang berefek antioksidan efektif. Tokoferol berfungsi sebagai antioksidan dalam menangkal radikal bebas dan sebagai anti kanker.
Dilihat dari kandungannya, maka sarang semut menurut penelitian hampir bisa mengatasi berbagai jenis kanker. Demikian juga sarang semut juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit jantung dan kebocoran jantung. Khasiat sarang semut mengatasi jantung bocor diperkirakan akibat kandungan sarang semut yang kaya mineral. Sarang semut mengandung 0,37 g Kalsium, 68,58 mg Natrium, dan 3,61g Kalium per 100 g. Dalam metabolisme tubuh, Kalsium dan Natrium berperan memperbaiki kerja jantung dan impuls saraf. Sedangkan Kalium berperan mengatur ritme jantung. Jika kebocoran jantung disebabkan infeksi kuman, maka senyawa yang berperan mengatasinya adalah flavanoid. Dalam banyak kasus flavanoid berperan langsung sebagai antibiotik dengan mengganggu fungsi mikrooganisme seperti bakteri atau virus. Senyawa flavanoid terkandung dalam serbuk maupun ekstrak air sarang semut.

TANAMAN TEMU IRENG ( Curcuma Aeroginosa )

Temu ireng seringkali digunakan oleh ibu pasca melahirkan sebagai penambah stamina. Khasiat temu ireng sebenarnya banyak diantaranya sebagai pembersih darah dan mencegah tumor, mengobati gangguan lever,gangguan haid, rematik, penggumpalan darah. Tanaman ini mempunyai kandungan kimia yang bermanfaat seperti zat pati, damar, lemak, curenmin dan minyak zaitun. Sifat efek dan khasiatnya diantaranya sebagai anti radang, anti bakteri, pembersih darah, anti koagulan, anti neoplastik ( anti kanker), tonic, pelindung hati ( hepatoprotektor)
Read more ...

TANAMAN KOMFREY | TANAMAN DAUN DEWA

TANAMAN KOMFREY ( Symphytum Officinale L. )

Tanaman Komfrey, Kompri, kompre, komprey, skompering, atau gomfri adalah nama daerah dari tanaman ini. Nama latinnya Symphytum Officinale L. Efek farmakologis dari tumbuhan ini adalah mempelancar peredaran darah, mempercepat pemulihan jaringan tubuh yang rusak, dan mencegah peradangan dan menormalkan tensi. Dalam farmakologi China, tumbuhan ini disebut memiliki sifat dingin agak sedikit pahit.
Kandungan dan Manfaat tumbuhan ini memiliki banyak manfaat dalam pengobatan sesuai informasi dari berbagai literatur yang mencatat hasil penelitian dan pengalaman turun temurun dari berbagai negara dan daerah. Diantaranya komfrey berfungsi menormalkan tekanan darah. Bila tekanan darahnya rendah maka tumbuhan ini akan menaikkannya hingga normal. Sebaliknya bila tekanan tinggi maka akan menurunkannya. Tumbuhan ini berfungsi menurunkan penyakit kolesterol tinggi. Demikian juga bermanfaat mengobati penyakit diabetes millitus. Mereka yang menderita Hb rendah, bisa pula diatasi dengan mengkonsumsi herbal ini. Penyakit lain yang diinformasikan bisa diobati dengan herbal ini adalah pneumonia, abtu ginjal, ambeien, kemandulan pada wanita, asma, gangguan empedu, diare, anemia, reumatik, gangguan pencernaan, tumor dan kanker, patah tulang, luka dan alergi kulit.

TANAMAN DAUN DEWA ( Gynura Segetum )


Daun dewa termasuk dalam famili tumbuhan Compositae atau asteraceae. Nama daerahnya beluntas cina, daun dewa atau samsit. Tumbuhan ini memiliki sifat sebagai anti coagulant (mencairkan bekuan darah) sehingga mencegah stroke dan jantung , menstimulasi sirkulasi, menghentikan pendarahan, menghilangkan panas, membersihkan racun, anti karsinoen, anti mutagenesis, diuretik ( peluruh kencing )
Kandungan daun dewa sangat berguna bagi kesehatan manusia. Diantaranya saponin, minyak atsiri, flavanoid, tanin, vanilat polifenol, asam klorogenat, asam kalfeat, asam asam p-kumarat, dan asam p-hidroksi benzoat, alkaloid, triterpenoid, dan sterol, vitamin K. Daun tumbuhan ini berguna untuk mengobati luka terpukul, melancarkan sirkulasi, menghentikan pendarahan (batuk darah, muntah darah, mimisan), pembengkakan payudara, infeksi kerongkongan, tidak datang haid, dan digigit binatang berbisa. Umbi tanaman ini berguna untuk menghilangkan bekuan darah, pembengkakan, tulang patah (fraktur), dan pendarahan.
Read more ...

RUMPUT MUTIARA | SIRIH MERAH

RUMPUT MUTIARA ( Hedyotis Corymbosa)

Rumput mutiara mempunya nama latin Heydyotis Corymbosa. Nama latinnya adalah bunga telor, rumput siku-siku, katepan,urek-urek polo dan pengka. Tanaman ini bersifat menghilangkan panas dan toksi, anti radang, diuretik (peluruh air seni), menyembuhkan bisul dan mengaktifkan sirkulasi darah.
Kandungan Rumput Mutiara adalah hentriacontane,stigmasterol, ursolic acid, sisterol B, sisterol D glukosida, p-coumaric acid, flavanoid, glycossides, dan asam oleat. Anggota famili rubiaceae ini bersifat manis,sedikit pahit , lembut netral dan agak dingin.
Manfaat Rumput Mutiara adalah seluruh tanaman bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi beragam penyakit diantaranya : radang usus buntu, sumbatan saluran sperma, kanker lymphosarcoma, kanker lambung, kanker services, kanker payudara, kanker rectum, kanker nasofaring, bisa juga dimanfaatkan untuk mencuci bagian tubuh yang tersiram air panas (tanaman segar). Dapat digunakan untuk mengobati penyakit Hepatitis choleytitis, bronkhitis, pneumonia, gondongan, tonsilitis dan paringingitis.

TANAMAN SIRIH MERAH ( Piperis Folium Red )


Sirih Merah adalah tanaman jenis sirh-sirihan yang sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Tanaman ini sudah sejak lama dikenal dilingkungan terbatas Kraton guna dijadikan bahan obat ampuh untuk raja-raja dan keluarganya serta para anggota kraton lainnya. Berbagai penyakit kronis banyak disembuhkan dengan pengobatan Sirih Merah ini.
Khasiat Sirih Merah antara lain untuk pengobatan penyakit Diabetes Mellitus, jantung, radang ginjal, prostat, asam urat, hepatitis, ginjal, empedu, keputihan akut, TBC,hipertensi, radang lever, radang mata, asma,kanker payudara, dan dikraton untuk keperluan ritual dll.
Read more ...

TANAMAN PATIKAN KEBO | KUMIS KUCING

TANAMAN PATIKAN KEBO ( Euphorbia Hirta L )


Patikan Kebo mempunyai nama latin Euphorbia hirta L. termasuk dalam familia tumbuhan Euphorbiaceae. Herbal ini biasa ditemukan di kebun, pinggir sawah, lapangan bahkan perkarangan rumah. Orang tua jaman dahulu menggunakan getah tumbuhan ini untuk mengobati mata yang merah karena penyakit belekan atau glaukoma. Namun khasiat tumbuhan ini tidak sebatas itu. Patikan kebo mempunyai sifat anti inflamasi ( anti radang ), diuretic ( peluruh kencing ) dan anti pruritic ( menghilangkan gatal )
Kandungan dan Manfaat
Kandungan kimiawi yang sudah diketahui dari Patikan Kebo antara lain taraxerol, friedlin, betha amyrin, betasitosterol, beta eufol, euforbol, triterpenoid, tirukalol, eufosterol, hentriacontane,flavonoid, tanin, elagic acid. Dan berdasarkan catatan hasil penelitian dan pengalaman diberbagai daerah dan penyakit negara, tanaman ini dapat mengobati disentri, melancarkan kencing, mengobati abses paru, bronchitis kronis, abses payudara, typus abdominalis, radang ginjal, radang tenggorokan, asma, dan radang kelenjar susu atau payudara bengkak.


TANAMAN KUMIS KUCING (Orthosiphon Aristatus)


Tanaman kumis kucing sejak lama dikenal dan digunakan sebaga obat untuk berbagai penyakit yang terkait dengan saluran kencing. Tanaman ini mempunyai rasa sedikit pahit,agak asin, sepet, dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam kumis kucing antara lain zat samak, minyak atsiri, orthosiphonglikosida,minyak lemak, saponin, garam kalium dan myoinositol.
Sedangkan efek farmakologis yang dimiliki oleh kumis kucing diantaranya anti radang, peluruh air seni dan penghancur batu saluran kencing.
Kumis kucing membantu mengobati penyakit yang terkait dengan saluran kencing seperti bengkak kandung kemih, infeksi kandung kemih, batu dalam kandung kemih,infeksi saluran kencing, sering kencing tak tuntas (anyang-anyangen), keputihan,sakit kencing batu,batu kantung empedu.
Read more ...

TANAMAN PEGAGAN | TANAMAN JOMBANG

TANAMAN PEGAGAN ( Centella Asiatica )

Pegagan dikenal aman dan efektif untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tumbuhan ini bersifat anti infeksi, anti racun, penurun panas (anti piretik), peluruh air seni, anti lepra, anti sifilis sekaligus merevitalisasi sel kulit.
Pegagan mengandung beberapa senyawa saponin,garam K, Na, Ca, Fe, Fosfor, Vellarine, tannin, mucilage, resin, pectin, gula, vitamin B, minyak lemak, kalsium oksalat, amygdalin. Pegagan ( Centella Asiatica ) berkhasiat melancarkan peredaran darah, meningkatkan daya ingat, menurunkan gejala stress, memperbaiki fungsi ginjal, mengobati darah tinggi, meningkatkan stamina, membuat awet muda, mencegah kepikunan

TANAMAN JOMBANG ( Taraxacum Mongolicum )

Jombang disebut Taraxacum Mongolicum Hand-Mazz atau Taraxacum Weber et Wiger. Termasuk dalam famili tumbuhan Compositae atau asteraceae. Nama asingnya dandelion dana nama daerah jombang. Tumbuhan ini bermanfaat untuk pengobatan karena mempunyai sifat antibiotik , anti radang, menghilangkan panas dan racun. Akar tumbuhan jombang bersifat diuretic ( meluruhkan kencing ), menghilangkan panas, penguat lambung, menambah nafsu makan, melancarkan ASI dan anti kanker.

Kandungan dan Manfaat
Jombang mengandung zat taraxasterol, choline, inulin, pektin, coumestrol. Tidak sedikit penyakit yang dapat diobati dengan tanaman ini diantaranya radang atau abses payudara, radang kandung empedu, sakit maag yang kronis, memperbaiki pencernaan, memperbanyak ASI. Khasiat lain yang tidak bisa disepelekan ternyata tanaman ini bisa digunakan untuk mengobati tumor pada system pencernaan ( esophagus, lambung, usus, hati, pankreas ) dan kanker payudara, kanker paru paru, cerviks uteri dan gusi.
Read more ...

HABBATUS SAUDA | TANAMAN KI TOLOD

HABBATUS SAUDA (Nigella Sativa)

Di Indonesia disebut juga “ Jinten Hitam ”. Nama ilmiahnya Nigella Sativa. Mengandung Omega 9, Omega 6, Omega 3, minyak-minyak volatile ( esensial), fitosterol, alkaloid, serta asam-asam amino. Habbatus sauda atau Habbatul khadra sangat bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, menetralkan racun dalam tubuh, anti bakteri ( riset dilakukan Dep. Of. Pharmacy Univ Dhacca – Bangladesh ), meningkatkan aktivitas hormon, meningkatkan daya ingat, nutrisi tambahan ibu hamil dan balita, meremajakan sel-sel kulit, nutrisi tambahan sehari-hari,anti histamine dan anti tumor. Apa yang istimewa dari Habbatus Sauda ? tak lain karena resep nabawiyah yang diwarisi dari ulama, dokter, dan ilmuwan. “ Gunakan Habbatus Sauda, karena didalamnya terdapat obat untuk berbagai penyakit kecuali kematian.” ( Riwayat Muslim )

TANAMAN KI TOLOD

Tanaman Ki tolod mengandung beragam bahan kimia alami yang dibutuhkan oleh tubuh seperti senyawa alkaloid yaitu lobelin,lobelamin dan isotomin. Efek Farmakologis yang dimiliki kitolod diantaranya sebagai anti radang, anti neoplasik,anti inflamasi,analgesik dan hemostatik. Semua bagian tumbuhan ki tolod bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit, seperti obat berbagai penyakit mata : Mata merah, belekan, iritasi mata, mencegah katarak, membantu mengurangi mata minus.
Read more ...

TANAMAN GINSENG | TANAMAN SONGGOLANGIT

TANAMAN GINSENG

Merupakan tumbuhan liar yang terdapat di pegunungan yang gelap didataran Asia Timur, terutama Cina, Korea dan Jepang. Kandungan Kimia yang terkandung dalam ginseng adalah saponin dan glikosida. Glikosida pada akar ginseng disebut ginsenosida yang terdiri dari berbagai tipe steroid glikosida. Selain itu akar ginseng juga mengandung minyak asiri, panasena, resin, musilago, asam panaxs, fitostecol, hormone dan vitamin B. Ginseng berguna sebagai aprodisiak,pembangkit tenaga, menambah keharmonisan hubungan pasutri, membantu mempercepat kesembuhan.

TANAMAN SONGGOLANGIT ( Tridax Procumbens)

Herbal Songgolangit memiliki nama latin Tridax Procumbens. Ia dikenal sebagai gulma yang masuk anggota keluarga suku Asteraceae, mudah diketemukan di berbagai daerah di pulau Jawa. Para ahli pengobatan tradisional kerap menggunakan songgolangit sebagai obat. Songgolangit diketahui mengandung meniral kalium,magnesium dan kalsium yang baik untuk tubuh.
Zat Aktif Songgolangit antara lain;
Flavanoid tanin bersifat menyejukkan dan menghilangkan rasa nyeri rematik pada tulang dan pinggang.
Saponin tanin berguna sebagai anti radang,antibioktik,peluruh kencing, pereda sakit, dan penurun asam urat.
Flavanoid saponin bersifat analgesic
Read more ...

BEE POLLEN | TANAMAN SRIGUNGGU

BEE POLLEN

Bee Pollen adalah tepung sari yang dikumpulkan oleh lebah dari beragam jenis bunga tetumbuhan. Wujudnya adalah butiran sangat kecil, diolah secara alami oleh lebah. Tepung sari ini tersimpan pada bagian semacam kantung yang berada di kedua kaki belakang lebah. Lebah mengoleksinya dari arthera bunga jantan bercampur dengan nectar bunga dan liur lebah.
Kandungan Nutrisi Bee PollenBee Pollen mengandung ramuan ratusan elemen gizi yang penting bagi tubuh manusia dalam jumlah yang seimbang ;
35 % Protein
55 % carbohydrate
2 % faty acids
3 % mineral and vitamins ( vit. B complex, Vitamin A,C,D and E )
Lecithin
Beta carotene
Selenium
Khasiat BEEPOLLEN mempunyai khasiat, diantaranya mempelancar penuaan, menghaluskan kulit, mempelancar metabolisme tubuh,menstabilkan jantung dan mengurangi kadar kolesterol, mengobati luka dalam ( bekas operasi,sakit organ dalam ), merangsang saraf kembali normal,menigkatkan kesuburan bagi laki laki dan wanita, mengobati asam urat, membantu pertumbuhan anak-anak,menguatkan kesehatan mental dan meningkatkan daya ingat, menigkatkan fungsi hati dan mengobati gangguan lambung,usus,diabetes,insomnia,pengerasan pembuluh darah,mencegah peradangan otak,sembelit,meningkatkan stamina dan fungsi jantung.

TANAMAN SRIGUNGGU (Clerodendron serratum)

Tanaman srigunggu hampir bisa diidentikkan dengan sebuah metode pengobatan tradisional yang terkenal yaitu gurah. Gurah dipercaya bisa membantu mengobati berbagai penyakit yang terkait dengan saluran napas,seperti batuk,bronchitis,sinusitis,asma. Termasuk juga menjadikan saluran pernapasan lebih longgar sehinga memperbagus suara. Bagian tanaman sringunggu yang biasanya digunakan untuk gurah adalah akar dan daun. Penelitian menunjukkan bahwa daun tanaman sringunggu mengandung kalium,sedikit natrium dan alkaloid. Sedangkan akarnya mengandung glikosida fenol,menitol dan sitosterol.
Read more ...

PALING BANYAK DIKUNJUNGI