SIFAT TANAMAN OBAT

TONIK :
Tanaman obat mampu mendorong proses metabolisme didalam tubuh sehingga dihasilkan energi yang dibutuhkan dalam segala kegiatan. Energi yang dihasilkan ini sangat dibutuhkan baik untuk mengaktifkan saraf pusat agar mampu peka terhadap rangsangan maupun untuk mendukung dan memelihara aktivitas yang terjadi.

ADAPTOGEN :
Meningkatkan daya tahan sehingga memungkinkan tetap tenang meskipun banyak masalah dan ketegangan.

ANTI NEOPLASTIK :
Merusak pembentukan ribosom pada sel kanker/menghambat pertumbuhan kanker.

ANALEPTIK :
Menjaga tubuh agar tetap segar. Tidak lesu karena aktivitas panjang dan membosankan.

ANALGETIK : Penghilang rasa sakit.

ANTI PIRETIK : Penurun panas.

DIURETIK : Meluruhkan kencing.

ANTI TUSIF : Menghentikan batuk

APHRODISIAC : Meningkatkan kemampuan seksual.

ANTI INFLAMASI : Anti radang

ANTI PRURITIC : Menghilangkan gatal

ANTI COAGULANT : Mencairkan bekuan darah

HEPATOPROTEKTOR : Pelindung Hati.

Reff: arsip reza florist n herbal

Read more ...

BIJI PALA

BIJI PALA (Myristica Fragans)

Semakin banyak kesibukan dan usia yang meningkat sering menyebabkan gangguan susah tidur. Padahal akibat kurang tidur bisa memicu terjadinya beragam penyakit. Salah satunya adalah penyakit parkinson. Terjadi karena degenerasi sel-sel otak yang menghasilkan dopamine. Obat kimia untuk mengatasi susah tidur memang ada namun mempunyai kelemahan berupa adanya efek samping ketika digunakan dalam jangka panjang serta bisa menyebabkan ketergantungan dan menimbulkan kebutuhan untuk meningkatkan dosis secara terus menerus. Padahal ada obat herbal yang sangat berkhasiat untuk mencegah gangguan susah tidur yaitu Biji Pala (Myristica Fragans). Biji pala berfungsi juga untuk memperpanjang waktu tidur, mencegah parkinson dengan perbaikan waktu tidur.
Reff: arsip reza florist n herbal
Read more ...

TANAMAN PURWOCENG | TANAMAN ADAS

TANAMAN PURWOCENG (Pimpinella Alpina)

Tanaman purwoceng adalah tanaman legendaris yang dijadikan obat kuat oleh para raja atau kalangan istana didaerah jawa. Nama ilmiahnya adalah Pimpinella Alpina. Tumbuhan ini biasanya diketemukan hidup pada ketinggian 2000 meter d.p.l. Wujudnya adalah semak kecil merambat di atas permukaan tanah seperti tumbuhan pegagan dan semanggi gunung. Daunnya kecil-kecil berwarna hijau kemerahan dengan diameter 1-3 cm. Dari berbagai penelitian yang dilakukan dibeberapa perguruan tinggi dalam negeri dapat disimpulkan bahwa ada efek nyata dari tanaman purwoceng terhadap peningkatan kemampuan seksual.Reff: arsip reza florist n herbal

TANAMAN ADAS ( Foeniculum Vulgare )

Tanaman adas punya nama lain diantaranya ; hades (sunda), adas,adas londa (Jawa), Wala wungu(Sumba), Adeh, manih (Minagkabau) dan masih banyak lagi yang lain. Adas telah dibudidayakan di Indonesia sejak lama, dan biasa dimanfaatkan sebagai sayuran , tanaman bumbu atau tanaman obat. Tumbuhan ini dapat hidup dari dataran rendah sampai ketinggian 1.800 m diatas permukaan laut. Namun tanaman ini akan tumbuh lebih baik jika ditanam pada dataran tinggi.
Khasiat mengobati sakit perut (mulas) kembung, mual, muntah,diare, sakit kuning, kurang nafsu makan, batuk berdahak, sesak napas, haid tidak teratur, hernia inguinalis, rematik goul,keracunan tumbuhan obat atau jamur.
Reff: arsip reza florist n herbal
Read more ...

TANAMAN SECANG | TANAMAN TEMPUYUNG

TANAMAN SECANG (Caesalpinia Sappan)

Secang biasanya dibuat minuman dan telah lama dikonsumsi oleh nenek moyang bangsa Indonesia. Khususnya kalangan kraton tanah Jawa. Tanaman secang secara pengalaman bisa mendongkrak stamina sehingga tubuh lebih tahan terhadap serangan penyakit. Kelebihan lain adalah apabila dibuat minuman tidak terasa pahit justru menjadi lebih enak dinikmati disegala cuaca terlebih saat udara dingin. Tanaman ini mempunyai efek astringen, antivirus, antibakteri, penawar racun menghentikan pendarahan, anti peradangan dan penghilang rasa sakit. Fungsi untuk batuk darah / TBC, pembersih darah,tetanus,peradangan,malaria.Reff: arsip reza florist n herbal

TANAMAN TEMPUYUNG ( Sonchus Arvenssis L.)
Tanaman Tempuyung termasuk dalam tumbuhan Compositae. Tumbuhan ini memiliki efek farmakologi berupa menghilangkan panas dan racun, diuretic (peluruh kencing), penghancur batu saluran kencing, dan batu empedu. Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah seluruh tanaman.
Kandungan dan Manfaat tempuyung adalah alfa lactucerol, betha laktucerol, manitol, inositol, silika,kalium, flavonoid, taraksasterol, tanin, polifenol, magnesium dll. Kegunaan tumbuhan ini untuk mengobati penyakit kandung kencing dan empedu berbatu,hipertensi, kencing batu.Reff: arsip reza florist n herbal
Read more ...

DAUN UNGU | TANAMAN MIMBA

DAUN UNGU (Graptophyllum Pictum)

Tanaman daun wungu mempunyai kandungan kimia antara lain alkaloid non toksik,flavonoid,glikosid,steroid,saponin,tanin, calsium oksalat, asam format, dan lemak. Dengan berbagai kandungan kimiawinya ini daun wungu mempunyai sifat sebagai anti inflamasi,peluruh air seni, mempercepat pemasakan bisul, pencahar ringan, pelembut kulit kaki, melunakkan faeces,mengatasi sembelit dan mengempiskan wasir.
Reff: arsip reza florist n herbal


TANAMAN MIMBA (Azadirachta Indica)

Mimba mempunyai rasa pahit dengan sifat netral. Beragam jenis penyakit bisa dibantu pengobatannta dengan menggunakan bagiantanaman ini. Meski demikian penelitian juga menunjukkan bahwa mimba bersifat toksid sehingga orang yang mengkonsumsi obat herbal ini harus mematuhi dosis yang telah ditetapkan. Beberapa kandungan kimia yang terdapat pada mimba diantaranya azadirachtin,minyak gliserida, acetiloksifuranil-dekahidrotetrametil acid, ksosiklopentanatolfuran, asetat-keton dan heksahidro-hidrositetrametil-fenantenon (nimbol).
Efek Farmakologis ; mimba sebagai anti diabets/diabets, anti diare, anti peuretic, anti bius, serta merangsang dan mengaktifkan kelenjar-kelanjar.
Reff: arsip reza florist n herbal
Read more ...

TANAMAN BROTOWALI | DAUN SENDOK

TANAMAN BROTOWALI ( Tinospora Crispa)

Tanaman brotowali telah lama digunakan oleh nenek moyang bangsa Indonesia untuk mengobati berbagai penyakit. Salah satunya adalah sebagai obat penyakit Kencing Manis (Diabetes Militus) dan pembersih darah. Tanaman brotowali memang cukup kaya dengan kandungan bahan kimia yang bermanfaat diantaranya alkaloid,damar lunak,pati, glikosida pikroretosid, zat pahit pkiroretin, harsa,berberin, palmatin,kolumbin, dan kokulin. Dengan beragam kandungan tersebut brotowali mempunyai efek sebagai penghilang rasa sakit,antipiretik,melancarkan meredian dan antineoplastik. Sifat tanaman ini sejuk dengan rasa pahit sehingga tepat untuk sakit kencing manis. Fungsi lain sebagai obat demam kuning, demam sumbatan cairan empedu dan rematik.Reff: arsip reza florist n herbal

DAUN SENDOK ( Plantago Mayor)

Daun sendok termasuk dalam famili plantaginaceae. Termasuk tanaman yang mudah ditemukan disekitar kita. Nama daerahnya daun urat,kuping menjangan,ki uta ceuli, sangkauah, suri pandak dan torongoat. Bentuknya memnag sederhana, namun memiliki khasiat yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Sifat yang dimiliki oleh tumbuhan ini adalah ; anti inflamasi (anti radang), diuretic (peluruh kencing), peluruh dahak, menghentikan bauk (antitusif), antiseptic, aphrodisiac (meningkatkan kemampuan seksual ), memperbaiki penglihatan dan menormalkan hati (lever)
Kandungan dan manfaat daun sendok antara lain memiliki kandungan zat plantagin,aucubin,ursolic, acid, bethasitosterol, hentriacontane, dan plantaglucide yang terdiri dari methyl d-galakturonate, yang terdiri dari methyl d-galakturonate, D-3 galaktose, L-arabinose, dan L- Rhammose. Juga mengandung tannin , kalium dan vitamin B1, C, A. Kalium bersifat peluruh kencing dan melarutkan endapan kalsium yan terdapat dalam ginjal dan kandung kencing. Zat aktif aukubin selain bersifat melindungi hati (Hepatoprotektor) juga berkhasiat sebagai antiseptic.
Daun sendok berkhasiat mengobati penyakit infeksi saluran kencing, kencing berlemak,kencing berdarah, bengkak karena penyakti ginjal, batu empedu, batu ginjal, radang prostate, kencing sedikit,mengobati influenze, batuk rejan, batuk sesak, batuk darah, radang saluran napas (bronchitis), keputihan, diare,disentri,nyeri lambung,diare dan hepatitis.
Reff: arsip reza florist n herbal
Read more ...

TANAMAN CAKAR AYAM | TANAMAN TAPAK DARA

TANAMAN CAKAR AYAM
(Sellaginella Doederleinii Hieron)

Tanaman cakar ayam mempunyai nama latin Sellaginella doederleinii hieron. Termasuk dalam famili tumbuhan sellaginellaceae. Tumbuhan ini dikenal juga dengan nama rumput solo ataua cemara kipas gunung. Tumbuhan yang biasanya hidup di daerah dingin ini mempunyai sifat Antipiretik ( penurun panas), Antitoxic ( anti racun), Anti kanker, hemostatik ( menghentikan pendarahan), anti bengkak,pembersih darah, stomakikum.
Manfaat dan Kandungan kimia tumbuhan ini yang sudah diketahui antara lain saponin,phytosterol,dan alkaloid. Herba cakar ayam dengan kandungan kimia yang dimilikinya dapat digunakan untuk mengobati penyakit ; kanker ( kanker rahim, kanker nashopharinx, kanker paru, chorioepithelioma, choricarcinoma), infeksi saluran napas, Hepatitis, Cholecyititis, Cirrosis, Infeksi saluran kencing, Polip.Reff: arsip reza florist n herbal

TANAMAN TAPAK DARA ( Catharantus Roseus)

Herbal tapak dara mempunyai kandungan kimia yang sangat banyak,bahkan tercatat lebih dari 70 macam alkaloid, yang terdapat pada akar,batang,daun dan biji. Pada tapak dara terdapat juga alkaloid sebagai anti kanker. Tanaman tapak dara mempunyai sifat sebagai anti kanker,sitostatika,hipotensif, penenang,menyejukkan darah, menghentikan pendarahan, membantu juga mengobati penyakit kanker Leukimia, Hipertensi, Diabetes Militus.Reff: arsip reza florist n herbal
Read more ...

TANAMAN KELADI TIKUS | JAMUR LINGZHI

TANAMAN KELADI TIKUS
(Typhonium Flagelliforme) (Lodd)

Tumbuhan keladi tikus mempunyai nama latin Typhonium Flagelliaforme. Termasuk kedalam famili tumbuhan Araceae. Tumbuhan yang punya nama asing Rudent Tuber ini telah digunakan oleh penduduk Malaysia sebagai obat penyakit kanker. Hasil penelitian dari berbagai lembaga dan perguruan tinggi Malaysia dan beberapa negara menunjukkan bahwa sari tanaman (juice) ini dapat menghanculkan sel kanker. Secara umum hasil penelitian menunjukkan efek, membunuh / menghambat pertumbuhan sel kanker, menghilangkan efek buruk kemoterapi dan bersifat anti virus dan anti bakteri.
Kandungan Kimia tanaman ini belum banyak diketahui atau belum dipublikasikan. Namun berdasarkan literatus yang mencatat hasil penelitian dan pengalaman secara turun temurun dari berbagai negara dan daerah tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit kanker payudara,paru-paru,usus besar,rectum,lever,prosta,ginjal,leher rahim,tenggorokan,tulang,otak, limpa, leukimia,empedu, dan pankreas. Dan berdasarkan informasi pengalaman dari pemakai,herbal ini bisa digunakan untuk menetralisir racun narkoba.
Reff: arsip reza florist n herbal

JAMUR LINGZHI (Ganoderma Lucidum)

Khasiat jamur Lingzhi telah dibuktikan selama puluhan bahkan ratusan tahun. Jamur ini sudah digunakan semenjak 4743 tahun yang lalu di negeri China. Khasiatnya bisa dibilang luar biasa. Ini tak lain karena jamur ini mengandung senyawa germanium organik yang sangat tinggi. Lebih tinggi dibandingkan yang terdapat pada Ginseng. Zat lain yang menonjol adalah jenis polisakarida, yang berkhasiat berbagai obat. Selain itu ada juga Adenosin, triterpenoid, dan asam ganoderik yang juga berkhasiat obat. Sinergi berbagai kandungan kimia alami dalam jamur lingzhi inilah yang memberikan efek pengobatan yang luar biasa. Manfaat Jamur Lingzhi adalah meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit, mengatasi susah tidur, menurunkan kadar kolesterol ( ref. Peduli Kolesterol ), sebagai terapi hepatitis kronis, memperlamabat pertumbuhan sel kanker,meningkatkan gairah seksual.
Reff: arsip reza florist n herbal
Read more ...

TANAMAN CIPLUKAN | TANAMAN JATI BELANDA

TANAMAN CIPLUKAN ( Physallis Peruviana L)

Tanaman Ciplukan merupakan tumbuhan semak semusim. Tumbuh di tanah-tanah kosong yang tidak terlalu becek, pinggir selokan, pinggir kebun,dan sawah. Ciplukan desebut physallis peruviana L. termasuk dalam famili tumbuhan Solanaceae. Nama daerahnya keceplokan,nyornyoran atau cecenet. Sifat tumbuhan ini analgetik (penghilang rasa sakit) peluruh air kencing (diuretic),menetralkan racun, meredakan batuk,mengaktifkan fungsi kelenjar-kelenjar tubuh dan anti tumor.
Kandungan dan Manfaat tumbuhan mempunyai kandungan kimia yang sudah diketahui berupa Chlorogenik acid, asam citrun dan fisalin,flavonoid, saponin,polifenol. Buah mengandung asam malat, alkaloid,tannin,kriptoxantin, vitamin C dan gula. Biji mengandung elaidic acid.
Berdasarkan penelitian dan pengalaman di berbagai daerah dan negara, ciplukan dapat digunakan untuk mengobati penyakit influenza, sakit tenggorokan,batuk rejan, bronchitis,gondongan, pembengkakan buah pelir, diabetes militus,sakit paru,paru, dan pembengkakan prostat.
Reff: arsip reza florist n herbal

TANAMAN JATI BELANDA (Guazauma Ulmifolia )

Merupakan tanaman obat yang berfungsi menguruskan badan atau menurunkan berat badan. Jati Belanda ( Guazauma Ulmifolia ) berasal dari Amerika. Dipulau jawa tumbuhan ini tumbuh liar. Nama lain jati belanda adalah jati londo asing guasima (Mexico),Bastard cedar (Inggris).
Kandungan dan Manfaat Jati Belanda adalah mengandung kafein,sterol dan amsa fenolat. Tanin dan musilago yang terdapat dalam jati belanda mengendapkan mukosa protein yang ada di dalam permukaan intestin (usus halus). Sehingga mengurangi penyerapan makanan. Obesitas dapat terhambat. Menurut penelitian Jati Belanda berfunsi untuk menurunkan kadar kolesterol ( Monica 2000, dalam suharmiati dan herti, 2003). Daun jati belanda berkhasiat sebagai obat pelangsing tubuh dan bijinya sebagai obat mencret,obat penyakit cacing,kaki gajah, menciutkan urat darah. Pemakaian jati belanda dalam jangka panjang tidak mempengaruhi fungsi lever atau hati. Tanaman lain yang berfungsi menurunkan berat badan, melarutkan lemak, anti diare,astringen antara lain Kemuning (Murraya Paniculata) dan Kunci Pepet ( Kaempferia Agustifolia)
Reff: arsip reza florist n herbal
Read more ...

PASAK BUMI | TANAMAN BELUNTAS

TANAMAN PASAK BUMI ( Eurycoma Longifolia)


Penamaan pasak bumi memang cocok dengan bentuk dari akar tanaman ini mirip seperti kayu atau paku dari kayu yang menancap lurus ke bumi. Tanaman ini banyak ditemukan tumbuh di Kalimantan,Sumatera dan Irian. Di Malaysia yang berbatasan dengan Kalimantan Utara, tanaman ini juga ditemukan dan lebih dikenal dengan nama Tongkat Ali. Tanaman ini dikenal sejak lama sebagai obat kuat laki- laki. Ini sebernarnya terkait dengan dengan efek androgenik batang pasak bumi. Efek androgenik hormon androgen yaitu hormon yang berfungsi untuk penanda dan pengatur pada susunan syaraf pusat sehingga tercipta tingkah laku,sifat pubertas dan karakter seks.
Reff: arsip reza florist n herbal


TANAMAN BELUNTAS ( Pluchea Indica)

Beluntas (pluchea indica ), nama tumbuhan ini mungkin jarang kita dengar. Tapi sebenarnya bentuk tanaman ini tidak seasing namanya. Jika kita perhatikan dengan seksama, hampir dapat dipastikan orang akan langsung mengenalnya sebagai tanaman yang sering digunakan sebagai tanaman pagar. Beluntas merupakan tanaman perdu tegak,berkayu,bercabang banyak,dengan tinggi bisa mencapai 2 meter.
Kandungan dan Manfaat secara tradisional daun beluntas digunakan sebagai obat untuk menghilangkan bau badan,obat turun panas, obat batuk, dan obat diare. Daun beluntas yang telah direbus sangat baik untuk mengobati sakit kulit. Penelitian yang dilakukan oleh Paini Sri Widyawati ( 2005) menunjukkan daun beluntas memiliki potensi sebagai antioksidan alami dan dapat menggantikan kedudukan TBHQ dan betakaroten sebagai antioksidan. Daun beluntas berpotensi juga untuk digunakan sebagai obat anti radang (inflamasi ) dan obat diare karena kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan bakteri S. aureus dan E. Coli.
Reff: arsip reza florist n herbal
Read more ...

TANAMAN BINAHONG | TANAMAN TEMULAWAK

TANAMAN BINAHONG

Binahong adalah tanaman obat dari daratan Tiongkok yang dikenal dengan nama asli Dhen San Chi. Tumbuhan ini telah dikenal memiliki kasiat penyembuhan yang luar biasa dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan dll. Seluruh bagian tanaman menjalar ini berkhasiat mulai dari akar, batang dan daunnya. Pemanfaatannya bisa direbus atau dimakan sebagai lalapan untuk daunnya. Semakin praktis kini binahong dikemas dalam bentuk kapsul sehingga mudah dikonsumsi. Mempercepat pemulihan kesehatan setelah operasi, melahirkan , khitan, segala luka-luka dalam, radang usus. Kegunaan lainnya melancarkan dan menormalkan peredaran dan tekanan darah, mencegah stroke, maag, asam urat, menambah dan mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh, wasir (ambeien), melancarkan buang air besar dan kecil, Diabetes, sariawan berat.



TANAMAN TEMULAWAK ( Curcuma Xanthorriza. Roxb. )

Temulawak adalah herbal khas yang diperoleh di Indonesia mempunyai fungsi sebagai hepatoprotektor (melindungi hati ) dari berbagai penyakit yang menyerang lever, diantaranya hepatitis. Temulawak disebut juga Curcuma Xanthorriza. Roxb. Termasuk kedalam famili tumbuhan Zangiberaceae. Memiliki efek farmakologi anti sembelit, acne vulgaris (menyingkirkan jerawat), anti inflamasi, dan anti hepatotoksid, pelancar ASI, tonikum, peluruh air seni, anti jamur dan menghambat bakteri.
Kandungan dan manfaatnya antara lain tumbuhan ini kaya dengan minyak menguap, fellandren dan turmerol, kurkumin, zat tepung, kamfer, glikosida, toluyl metil karbinol dan 1 siklosoprenmyrsen. Menurut penelitian tanaman ini dapat menjadi obat penyakit : Maag, bau badan, sembelit, kurang ASI, asma, cacar air, sariawan, bau badan, anti jerawat, hepatitis, dan penyakit kandung empedu.
Read more ...

TANAMAN MENIRAN | TANAMAN SAMBILOTO

TANAMAN MENIRAN ( Phyllanthus Urinaria )


Meniran mempunyai nama lain juga Phyllanthus niruri. Masuk dalam famili tumbuhan Euphorbiaceae. Tumbuhan ini sangat mudah tumbuh di sekitar perkarangan rumah. Memiliki efek farmakologis,astrigent-diureticum (peluruh air seni), anti piretik ( penurun panas ), peluruh batu, anti hepatotoksik.
Meniran mempunyai kandungan kimia berupa Filantin, hipofilantin,kalium, damar, tanin, flavanoid, alkaloid, triperpenoid, asam lemak, dan vitamin C.

TANAMAN SAMBILOTO ( Andrographis Paniculata )
Sambiloto termasuk kedalam famili tumbuhan Acantaceae. Nama daerahnya papaitan. Tumbuhan ini memiliki berbagai sifat yang bermanfaat bagi manusia. Diantaranya sebagai anti piretik (penurun panas atau panas dalam ), anti racun, anti radang, dan anti bengkak. Obat ini merusak sel trophocyt dan trophoblast berperan dalam kondensasi cytoplasma dari sel tumor, piknosis dan menghancurkan inti selnya. Tumbuhan ini efektif untuk infeksi dan merangsang phagositosis. Mempunyai efek hipoglikemik, hipotermian, diuretic, anti bakteri dan analgesic.
Kandungan dan manfaatnya tumbuhan ini memiliki kandungan zat yang berguna bagikesehatan manusia. Diantaranya laktone dari cabang dan daun berupa doxy andrographolide, neoandrographolide, 14 deoxy- 11, 12 didehydroandrographolide dan hormonandrographolide. Flavonoid dari akar berupa polymethoxy-flavone, andrographin, panicolin, mono-o-methilwhithin dan apigenin-7, 4-dimethylether, alkane, ketone,aldehyde,kalium,kalsium,natrium, dan asam kersik. Andro grapholide sekurang-kurangnya 1 %, -kalmegin, zat amorf dan hablur kuning,pahit sampai sangat pahit. Berdasarkan berbagai literatur hasil penelitian dan pengalaman dari berbagai daerah dan negara, sambiloto dapat mengobati penyakit typus abdominalis, disentri basiler, diare, flu, sakit kepala, demam, panas, radang paru, radang saluran napas, TBC, batuk rejan, darah tinggi, infeksi mulut, amandel, radang tenggorokan, kencing manis, kencing nanah (gonorrhoea),kolesterol dan asam urat.
Read more ...

TANAMAN PEGAGAN | BENALU TEH

TANAMAN PEGAGAN ( Centella Asiaica L )

Pegagan termasuk kedalam famili tumbuhan Umbelliferae atau Apiaceae. Dikenal sebagai rumput kaki kuda, antanan gede, panegowang atau kisu-kisu. Pegagan dikenal aman dan efektif untuk mengobati berbagai penyakit. Tumbuhan ini bersifat anti infeksi, anti racun, penurun panas (antipiretik ), peluruh air kencing, anti lepra, anti sifilis, sekaligus merevitalisasi sel kulit. Merevitalisasi sel tubuh dan kesuburan wanita. Memperbaiki sirkulasi dengan merevitalisasi pembuluh darah.
Pegagan mengandung beberapa senyawa saponin, termasuk asiaticoside,asam asiatat, madecassoside, thankunside, isothankuside, brahmoiside, brahmic asid, triterpen, acid, madasiatic acid, mesoinosetol, centellose, carotenoids, garam K, Na, Ca, Fe, fosfor, Velarrine, tannin, mucilage, resin, pectin, gula, vitamin B, minyak lemak, kalsium oksalat, amygdalin. Khasiat pegagan untuk mengobati wasir, darah tinggi, sakit perut, ayan, revitalisasi sel ( luka, luka bakar, borok kulit, mencegah keloid), kesuburan wanita, campak, infeksi batu saluran kencing, susah kencing, pembengkakan hati, batuk darah, demam, radang amandel, sakit tenggorokan, Bronchitis.

BENALU TEH
Benalu teh adalah pohon benalu yang tumbuh di pohon teh, menurut Prof. Sujiyo Pramono dari Fakultas Farmasi UGM, benalu secara umum mengandung obat dan benalu teh terbukti berkhasiat melawan penyakit-penyakit kanker payudara, kanker rahim, kanker kulit dan otak. Sebagai obat tradisional masyarakat di berbagai negara sebenarnya sudah lama memanfaatkan benalu untuk menyembuhkan beragam penyakit. Diantaranya benalu digunakan sebagai obat penyakit cacar air, cacar sapi, diare, cacing tambang,. Tumor, dan kanker. Orang Cina juga memanfaatkan benalu untuk pengobatan kelainan hati dan merangsang pertumbuhan rambut. Khasiat lain untuk anti radang,anti oksidan, pereda sakit,anti virus, mencegah keracunan hati, anti alergi.
Read more ...

SARANG SEMUT | TANAMAN TEMU IRENG

SARANG SEMUT ( Myrmecodia Pendens )


Sarang semut merupakan salah satu tumbuhan epifit dari hydnophytinae ( rubiaceae) yang bersimbiosis dengan semut dan dikatakan bersifat epifit karena tumbuhan ini menempel pada tumbuhan lain tetapi tidak hidup secara parasit pada inangnya sehingga hanya sebagai tempat menempel saja.
Kandungan dan Manfaat tumbuhan ini secara tradisi, sarang semut digunakan sebagai tanaman obat oleh masyarakat pedalaman di bagian barat Wamena, Papua. Suku-suku di Bogondini dan Tolikara lazim memanfaatkan untuk mengatasi rematik dan asam urat. Sarang semut mengandung flavanoid dan tanin. Flavonoid berfungsi sebagai antioksidan, yang bisa mencegah sekaligus mengatasi serangan kanker. Mekanisme kerja flavonoid dalam mengatasi kanker dengan membuat karsinogen tidak aktif, penghambat siklus sel, dan induksi apoptosis. Disamping itu, juga mengandung tokoferol, tokoferol mirip vitamin E, yang berefek antioksidan efektif. Tokoferol berfungsi sebagai antioksidan dalam menangkal radikal bebas dan sebagai anti kanker.
Dilihat dari kandungannya, maka sarang semut menurut penelitian hampir bisa mengatasi berbagai jenis kanker. Demikian juga sarang semut juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit jantung dan kebocoran jantung. Khasiat sarang semut mengatasi jantung bocor diperkirakan akibat kandungan sarang semut yang kaya mineral. Sarang semut mengandung 0,37 g Kalsium, 68,58 mg Natrium, dan 3,61g Kalium per 100 g. Dalam metabolisme tubuh, Kalsium dan Natrium berperan memperbaiki kerja jantung dan impuls saraf. Sedangkan Kalium berperan mengatur ritme jantung. Jika kebocoran jantung disebabkan infeksi kuman, maka senyawa yang berperan mengatasinya adalah flavanoid. Dalam banyak kasus flavanoid berperan langsung sebagai antibiotik dengan mengganggu fungsi mikrooganisme seperti bakteri atau virus. Senyawa flavanoid terkandung dalam serbuk maupun ekstrak air sarang semut.

TANAMAN TEMU IRENG ( Curcuma Aeroginosa )

Temu ireng seringkali digunakan oleh ibu pasca melahirkan sebagai penambah stamina. Khasiat temu ireng sebenarnya banyak diantaranya sebagai pembersih darah dan mencegah tumor, mengobati gangguan lever,gangguan haid, rematik, penggumpalan darah. Tanaman ini mempunyai kandungan kimia yang bermanfaat seperti zat pati, damar, lemak, curenmin dan minyak zaitun. Sifat efek dan khasiatnya diantaranya sebagai anti radang, anti bakteri, pembersih darah, anti koagulan, anti neoplastik ( anti kanker), tonic, pelindung hati ( hepatoprotektor)
Read more ...

TANAMAN KOMFREY | TANAMAN DAUN DEWA

TANAMAN KOMFREY ( Symphytum Officinale L. )

Tanaman Komfrey, Kompri, kompre, komprey, skompering, atau gomfri adalah nama daerah dari tanaman ini. Nama latinnya Symphytum Officinale L. Efek farmakologis dari tumbuhan ini adalah mempelancar peredaran darah, mempercepat pemulihan jaringan tubuh yang rusak, dan mencegah peradangan dan menormalkan tensi. Dalam farmakologi China, tumbuhan ini disebut memiliki sifat dingin agak sedikit pahit.
Kandungan dan Manfaat tumbuhan ini memiliki banyak manfaat dalam pengobatan sesuai informasi dari berbagai literatur yang mencatat hasil penelitian dan pengalaman turun temurun dari berbagai negara dan daerah. Diantaranya komfrey berfungsi menormalkan tekanan darah. Bila tekanan darahnya rendah maka tumbuhan ini akan menaikkannya hingga normal. Sebaliknya bila tekanan tinggi maka akan menurunkannya. Tumbuhan ini berfungsi menurunkan penyakit kolesterol tinggi. Demikian juga bermanfaat mengobati penyakit diabetes millitus. Mereka yang menderita Hb rendah, bisa pula diatasi dengan mengkonsumsi herbal ini. Penyakit lain yang diinformasikan bisa diobati dengan herbal ini adalah pneumonia, abtu ginjal, ambeien, kemandulan pada wanita, asma, gangguan empedu, diare, anemia, reumatik, gangguan pencernaan, tumor dan kanker, patah tulang, luka dan alergi kulit.

TANAMAN DAUN DEWA ( Gynura Segetum )


Daun dewa termasuk dalam famili tumbuhan Compositae atau asteraceae. Nama daerahnya beluntas cina, daun dewa atau samsit. Tumbuhan ini memiliki sifat sebagai anti coagulant (mencairkan bekuan darah) sehingga mencegah stroke dan jantung , menstimulasi sirkulasi, menghentikan pendarahan, menghilangkan panas, membersihkan racun, anti karsinoen, anti mutagenesis, diuretik ( peluruh kencing )
Kandungan daun dewa sangat berguna bagi kesehatan manusia. Diantaranya saponin, minyak atsiri, flavanoid, tanin, vanilat polifenol, asam klorogenat, asam kalfeat, asam asam p-kumarat, dan asam p-hidroksi benzoat, alkaloid, triterpenoid, dan sterol, vitamin K. Daun tumbuhan ini berguna untuk mengobati luka terpukul, melancarkan sirkulasi, menghentikan pendarahan (batuk darah, muntah darah, mimisan), pembengkakan payudara, infeksi kerongkongan, tidak datang haid, dan digigit binatang berbisa. Umbi tanaman ini berguna untuk menghilangkan bekuan darah, pembengkakan, tulang patah (fraktur), dan pendarahan.
Read more ...

RUMPUT MUTIARA | SIRIH MERAH

RUMPUT MUTIARA ( Hedyotis Corymbosa)

Rumput mutiara mempunya nama latin Heydyotis Corymbosa. Nama latinnya adalah bunga telor, rumput siku-siku, katepan,urek-urek polo dan pengka. Tanaman ini bersifat menghilangkan panas dan toksi, anti radang, diuretik (peluruh air seni), menyembuhkan bisul dan mengaktifkan sirkulasi darah.
Kandungan Rumput Mutiara adalah hentriacontane,stigmasterol, ursolic acid, sisterol B, sisterol D glukosida, p-coumaric acid, flavanoid, glycossides, dan asam oleat. Anggota famili rubiaceae ini bersifat manis,sedikit pahit , lembut netral dan agak dingin.
Manfaat Rumput Mutiara adalah seluruh tanaman bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi beragam penyakit diantaranya : radang usus buntu, sumbatan saluran sperma, kanker lymphosarcoma, kanker lambung, kanker services, kanker payudara, kanker rectum, kanker nasofaring, bisa juga dimanfaatkan untuk mencuci bagian tubuh yang tersiram air panas (tanaman segar). Dapat digunakan untuk mengobati penyakit Hepatitis choleytitis, bronkhitis, pneumonia, gondongan, tonsilitis dan paringingitis.

TANAMAN SIRIH MERAH ( Piperis Folium Red )


Sirih Merah adalah tanaman jenis sirh-sirihan yang sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Tanaman ini sudah sejak lama dikenal dilingkungan terbatas Kraton guna dijadikan bahan obat ampuh untuk raja-raja dan keluarganya serta para anggota kraton lainnya. Berbagai penyakit kronis banyak disembuhkan dengan pengobatan Sirih Merah ini.
Khasiat Sirih Merah antara lain untuk pengobatan penyakit Diabetes Mellitus, jantung, radang ginjal, prostat, asam urat, hepatitis, ginjal, empedu, keputihan akut, TBC,hipertensi, radang lever, radang mata, asma,kanker payudara, dan dikraton untuk keperluan ritual dll.
Read more ...

TANAMAN PATIKAN KEBO | KUMIS KUCING

TANAMAN PATIKAN KEBO ( Euphorbia Hirta L )


Patikan Kebo mempunyai nama latin Euphorbia hirta L. termasuk dalam familia tumbuhan Euphorbiaceae. Herbal ini biasa ditemukan di kebun, pinggir sawah, lapangan bahkan perkarangan rumah. Orang tua jaman dahulu menggunakan getah tumbuhan ini untuk mengobati mata yang merah karena penyakit belekan atau glaukoma. Namun khasiat tumbuhan ini tidak sebatas itu. Patikan kebo mempunyai sifat anti inflamasi ( anti radang ), diuretic ( peluruh kencing ) dan anti pruritic ( menghilangkan gatal )
Kandungan dan Manfaat
Kandungan kimiawi yang sudah diketahui dari Patikan Kebo antara lain taraxerol, friedlin, betha amyrin, betasitosterol, beta eufol, euforbol, triterpenoid, tirukalol, eufosterol, hentriacontane,flavonoid, tanin, elagic acid. Dan berdasarkan catatan hasil penelitian dan pengalaman diberbagai daerah dan penyakit negara, tanaman ini dapat mengobati disentri, melancarkan kencing, mengobati abses paru, bronchitis kronis, abses payudara, typus abdominalis, radang ginjal, radang tenggorokan, asma, dan radang kelenjar susu atau payudara bengkak.


TANAMAN KUMIS KUCING (Orthosiphon Aristatus)


Tanaman kumis kucing sejak lama dikenal dan digunakan sebaga obat untuk berbagai penyakit yang terkait dengan saluran kencing. Tanaman ini mempunyai rasa sedikit pahit,agak asin, sepet, dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam kumis kucing antara lain zat samak, minyak atsiri, orthosiphonglikosida,minyak lemak, saponin, garam kalium dan myoinositol.
Sedangkan efek farmakologis yang dimiliki oleh kumis kucing diantaranya anti radang, peluruh air seni dan penghancur batu saluran kencing.
Kumis kucing membantu mengobati penyakit yang terkait dengan saluran kencing seperti bengkak kandung kemih, infeksi kandung kemih, batu dalam kandung kemih,infeksi saluran kencing, sering kencing tak tuntas (anyang-anyangen), keputihan,sakit kencing batu,batu kantung empedu.
Read more ...

TANAMAN PEGAGAN | TANAMAN JOMBANG

TANAMAN PEGAGAN ( Centella Asiatica )

Pegagan dikenal aman dan efektif untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tumbuhan ini bersifat anti infeksi, anti racun, penurun panas (anti piretik), peluruh air seni, anti lepra, anti sifilis sekaligus merevitalisasi sel kulit.
Pegagan mengandung beberapa senyawa saponin,garam K, Na, Ca, Fe, Fosfor, Vellarine, tannin, mucilage, resin, pectin, gula, vitamin B, minyak lemak, kalsium oksalat, amygdalin. Pegagan ( Centella Asiatica ) berkhasiat melancarkan peredaran darah, meningkatkan daya ingat, menurunkan gejala stress, memperbaiki fungsi ginjal, mengobati darah tinggi, meningkatkan stamina, membuat awet muda, mencegah kepikunan

TANAMAN JOMBANG ( Taraxacum Mongolicum )

Jombang disebut Taraxacum Mongolicum Hand-Mazz atau Taraxacum Weber et Wiger. Termasuk dalam famili tumbuhan Compositae atau asteraceae. Nama asingnya dandelion dana nama daerah jombang. Tumbuhan ini bermanfaat untuk pengobatan karena mempunyai sifat antibiotik , anti radang, menghilangkan panas dan racun. Akar tumbuhan jombang bersifat diuretic ( meluruhkan kencing ), menghilangkan panas, penguat lambung, menambah nafsu makan, melancarkan ASI dan anti kanker.

Kandungan dan Manfaat
Jombang mengandung zat taraxasterol, choline, inulin, pektin, coumestrol. Tidak sedikit penyakit yang dapat diobati dengan tanaman ini diantaranya radang atau abses payudara, radang kandung empedu, sakit maag yang kronis, memperbaiki pencernaan, memperbanyak ASI. Khasiat lain yang tidak bisa disepelekan ternyata tanaman ini bisa digunakan untuk mengobati tumor pada system pencernaan ( esophagus, lambung, usus, hati, pankreas ) dan kanker payudara, kanker paru paru, cerviks uteri dan gusi.
Read more ...

HABBATUS SAUDA | TANAMAN KI TOLOD

HABBATUS SAUDA (Nigella Sativa)

Di Indonesia disebut juga “ Jinten Hitam ”. Nama ilmiahnya Nigella Sativa. Mengandung Omega 9, Omega 6, Omega 3, minyak-minyak volatile ( esensial), fitosterol, alkaloid, serta asam-asam amino. Habbatus sauda atau Habbatul khadra sangat bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, menetralkan racun dalam tubuh, anti bakteri ( riset dilakukan Dep. Of. Pharmacy Univ Dhacca – Bangladesh ), meningkatkan aktivitas hormon, meningkatkan daya ingat, nutrisi tambahan ibu hamil dan balita, meremajakan sel-sel kulit, nutrisi tambahan sehari-hari,anti histamine dan anti tumor. Apa yang istimewa dari Habbatus Sauda ? tak lain karena resep nabawiyah yang diwarisi dari ulama, dokter, dan ilmuwan. “ Gunakan Habbatus Sauda, karena didalamnya terdapat obat untuk berbagai penyakit kecuali kematian.” ( Riwayat Muslim )

TANAMAN KI TOLOD

Tanaman Ki tolod mengandung beragam bahan kimia alami yang dibutuhkan oleh tubuh seperti senyawa alkaloid yaitu lobelin,lobelamin dan isotomin. Efek Farmakologis yang dimiliki kitolod diantaranya sebagai anti radang, anti neoplasik,anti inflamasi,analgesik dan hemostatik. Semua bagian tumbuhan ki tolod bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit, seperti obat berbagai penyakit mata : Mata merah, belekan, iritasi mata, mencegah katarak, membantu mengurangi mata minus.
Read more ...

TANAMAN GINSENG | TANAMAN SONGGOLANGIT

TANAMAN GINSENG

Merupakan tumbuhan liar yang terdapat di pegunungan yang gelap didataran Asia Timur, terutama Cina, Korea dan Jepang. Kandungan Kimia yang terkandung dalam ginseng adalah saponin dan glikosida. Glikosida pada akar ginseng disebut ginsenosida yang terdiri dari berbagai tipe steroid glikosida. Selain itu akar ginseng juga mengandung minyak asiri, panasena, resin, musilago, asam panaxs, fitostecol, hormone dan vitamin B. Ginseng berguna sebagai aprodisiak,pembangkit tenaga, menambah keharmonisan hubungan pasutri, membantu mempercepat kesembuhan.

TANAMAN SONGGOLANGIT ( Tridax Procumbens)

Herbal Songgolangit memiliki nama latin Tridax Procumbens. Ia dikenal sebagai gulma yang masuk anggota keluarga suku Asteraceae, mudah diketemukan di berbagai daerah di pulau Jawa. Para ahli pengobatan tradisional kerap menggunakan songgolangit sebagai obat. Songgolangit diketahui mengandung meniral kalium,magnesium dan kalsium yang baik untuk tubuh.
Zat Aktif Songgolangit antara lain;
Flavanoid tanin bersifat menyejukkan dan menghilangkan rasa nyeri rematik pada tulang dan pinggang.
Saponin tanin berguna sebagai anti radang,antibioktik,peluruh kencing, pereda sakit, dan penurun asam urat.
Flavanoid saponin bersifat analgesic
Read more ...

BEE POLLEN | TANAMAN SRIGUNGGU

BEE POLLEN

Bee Pollen adalah tepung sari yang dikumpulkan oleh lebah dari beragam jenis bunga tetumbuhan. Wujudnya adalah butiran sangat kecil, diolah secara alami oleh lebah. Tepung sari ini tersimpan pada bagian semacam kantung yang berada di kedua kaki belakang lebah. Lebah mengoleksinya dari arthera bunga jantan bercampur dengan nectar bunga dan liur lebah.
Kandungan Nutrisi Bee PollenBee Pollen mengandung ramuan ratusan elemen gizi yang penting bagi tubuh manusia dalam jumlah yang seimbang ;
35 % Protein
55 % carbohydrate
2 % faty acids
3 % mineral and vitamins ( vit. B complex, Vitamin A,C,D and E )
Lecithin
Beta carotene
Selenium
Khasiat BEEPOLLEN mempunyai khasiat, diantaranya mempelancar penuaan, menghaluskan kulit, mempelancar metabolisme tubuh,menstabilkan jantung dan mengurangi kadar kolesterol, mengobati luka dalam ( bekas operasi,sakit organ dalam ), merangsang saraf kembali normal,menigkatkan kesuburan bagi laki laki dan wanita, mengobati asam urat, membantu pertumbuhan anak-anak,menguatkan kesehatan mental dan meningkatkan daya ingat, menigkatkan fungsi hati dan mengobati gangguan lambung,usus,diabetes,insomnia,pengerasan pembuluh darah,mencegah peradangan otak,sembelit,meningkatkan stamina dan fungsi jantung.

TANAMAN SRIGUNGGU (Clerodendron serratum)

Tanaman srigunggu hampir bisa diidentikkan dengan sebuah metode pengobatan tradisional yang terkenal yaitu gurah. Gurah dipercaya bisa membantu mengobati berbagai penyakit yang terkait dengan saluran napas,seperti batuk,bronchitis,sinusitis,asma. Termasuk juga menjadikan saluran pernapasan lebih longgar sehinga memperbagus suara. Bagian tanaman sringunggu yang biasanya digunakan untuk gurah adalah akar dan daun. Penelitian menunjukkan bahwa daun tanaman sringunggu mengandung kalium,sedikit natrium dan alkaloid. Sedangkan akarnya mengandung glikosida fenol,menitol dan sitosterol.
Read more ...

JAVA TRADITIONAL HERBAL MEDICINE

'Back to nature' is not merely a slogan in Java and Indonesia. The visible proof is the use of traditional herbal medicine of various type of 'medical plants', either from the leaves, the fruits, the roots, the flowers or the barks, etc.
These herbal medicine had been used since the ancient time up to now, it is largely consumed by people of different level; lower, middle and upper, in the villages and in the big cities.
The study of jamu had been conducted by Rumphius, a botanist as early as the year 1775 AD by publishing a book 'Herbaria Amboinesis'. A scientific research for jamu by the research center of herbal medicine in Bogor Botanical Garden, resulting a publication of a book 'Medical Book for Children and Adults', composed by E. Van Bent.
The first seminar about jamu has been held in Solo in 1940, followed by a Formation of Indonesia's Jamu Committee in 1944. In the 1966, a seminar on jamu was held again. In 1981, a book by title of 'The use of Medical Plants' was established to support the jamu industry in the country.
The method of using the jamu remains the same as the ancestors did. Some are consumed by drinking it and some are for outside application.
At present one could buy easily ready made jamu packed modernly in the form of powder, pills, capsules, drinking liquid and ointments. Of course there are still jamu shops, which sell only ingredients or prepare the jamu on spot as required by buyers. Some women are roaming the street to sell jamu, is a common view across the country.
The traditional methods of making jamu such as by boiling the prepared herbal ingredients (jamu godok) still prevail in Javanese society. The popular traditional tools of making jamu are still available in many Javanese houses such as; Lumpang (small iron Mortar), pipisan, parut (grater), kuali (clay pot), etc.
What kind of disease could jamu cure?The reply is almost every disease, jamu could cure. There are various kinds of jamu to combat different kind of illness. In Principle there are two types of jamu; the first is jamu to maintain physical fitness and health, the locally popular are Galian Singset (to keep women body fit and slim) and Sehat Lelaki (to keep men body healthy). The second is jamu to cure various kinds of illness. Except the above, there are special jamu created with the purpose to maintain a loving family harmony. The popular products among other are Sari Rapet, which makes a women sexual organ in a good condition, as for the man the matched product is jamu Kuat Lekaki (strong man). The Javanese are also taking a great care to pregnant women during pre and postnatal period by producing the related jamu. There are also jamu for the babies.
The Herbs for JamuThere are hundreds of herbs for jamu prescriptions, among other are:
SpicesGinger (Zingiber Officinale)
Lempuyang (Zingiber Oronaticum)
Temu Lawak/ Wild Ginger (Curcuma Cautkeridza)
Kunyit/ Tumeric (Curcuma Domestica)
Kencur/ Greater Galingale (Kaemferi Galanga)
Lengkuas/ Ginger Plant (Elpina Galanga)
Bengle (Zingiber Bevifalium)
LeavesSecang (Caesalpinia Sappan Hinn)
Sambang Dara (Rexco Ecaria Bicolar Hassk)
Brotowali (Tiospora Rumpii Boerl)
Adas (Foeniculum Vulgare Mill)
FruitsJeruk Nipis/ Calamondin (Citrae Aurantifalia Sivingle)
Ceplukan (Physalic Angulata Him)Nyamplung (Calophylum Inaphyllu)
BarksKayu Manis/ Cinamon (Gijeyzahyza Glabra)
FlowersMelati/ Yasmin (Jataninum Sunbac Ait)
Rumput Alang-alang (Gramineae)
It is worth to note that some jamu factories in Java are exporting its products. Besides the export of ready made jamu, 25 kinds of herbal plants and ingredients are also in the list of export to Europe, Australia, USA, Japan, etc.
No Side Effects The people like to consume jamu due to :
Availability in many places Comparatively cheap price No side effects
Ref: nn
Read more ...

PENANGANAN STADIUM LANJUT KANKER GANAS | TUMOR | KELENJAR GETAH BENING

Strategi “perang” melawan kanker yang terbaik ialah dengan pencegahan seperti juga pada penyakit-penyakit lain. Tetapi apabila hal ini telah dikerjakan, namun masih juga terserang penyakit kanker, maka seyogyanya penyakit itu secepatnya diketahui dengan melaksanakan upaya-upaya deteksi dini. Karena bila penyakit itu diketemukan dalam stadium dini, maka pengobatan akan memberikan hasil yang lebih baik. Dengan kata lain, prosentase kesembuhan akan lebih tinggi.
Pengobatan penyakit kanker dapat dengan pembedahan , dengan memberikan obat-obat antikanker (yang disebut kemoterapi), ataupun dengan penyinaran yang disebut radioterapi . Sering juga diberikan kombinasi dari ketiga cara pengobatan itu.Tetapi kalau penyakit kanker itu telah dalam stadium lanjut, atau telah menyebar luas ke berbagai bagian tubuh, maka sulitlah –bahkan dapat dikatakan tidak mungkin– untuk disembuhkan, sekalipun dengan teknologi kedokteran yang canggih.Seringkah Diketemukan Penderita Penyakit Kanker Stadium Lanjut? Ironisnya, sebagaimana telah dilaporkan oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia, lebih dari 50% penderita kanker datang pertama kali untuk berobat sudah dalam stadium lanjut. Sedangkan angka kejadian atau insidens penyakit kanker di Indonesia adalah 0,1% dari jumlah penduduk.Mengapa kebanyakan penderita kanker datang terlambat untuk berobat? Banyak faktor penyebabnya, antara lain:
• Pada stadium dini sering tidak disadari oleh penderita bahwa ia sedang menderita penyakit kanker. Karena gejala pada stadium dini sering tidak khas dan tidak menakutkan.
• Kalau penyakit kanker sudah mulai menyebar ke kelenjar getah bening yang menyebabkan timbulnya benjolan, masih juga kurang mendapat perhatian, atau kadang-kadang berpendapat bahwa hal itu “dibuat” (disantet) oleh orang yang bermaksud jahat terhadap penderita.
• Bila penderita mengerti bahwa penyakit itu bukan penyakit biasa, seringkali penderita takut memeriksakan diri karena takut dioperasi.
• Yang juga sering terjadi, penderita sadar bahwa penyakit itu bukan penyakit biasa, dan tidak takut meskipun ada kemungkinan dioperasi, tetapi biaya untuk berobat sering menjadi kendala. Untunglah sekarang sudah ada program “maskin” yang sangat membantu penderita yang kurang beruntung (tidak mampu).Akibat itu semua, maka penderita baru datang untuk berobat setelah dirasakan penderitaannya mengganggu atau menakutkan, misalnya nyeri, pendarahan, sesak nafas, dan sebagainya.Penderitaan Penderita Kanker Stadium Lanjut Makin lanjut stadiumnya akan memberikan penderitaan yang makin berat. Kadang-kadang penderitaan itu tidak tertahankan oleh penderita. Karena beratnya penderitaan yang dideritanya, ia nekad mencoba bunuh diri. Penderitaan itu tidak saja dirasakan oleh penderita sendiri, tetapi juga oleh keluarganya.Mengapa tidak kita tingkatkan upaya dengan terus mempergunakan berbagai cara untuk dapat menyembuhkan? Bila sembuh penyakitnya tentu penderitaannya juga akan hilang!Kalau kanker itu sudah menyebar ke berbagai bagian tubuh atau ke berbagai organ tubuh kita, sebagaimana dikatakan tadi tidak mungkin lagi disembuhkan. Kalau kita terus mengupayakan dengan berbagai cara pengobatan dengan harapan dapat sembuh, yang kita dapatkan ialah bertambahnya penderitaan.
Karena upaya kita akan menyebabkan penderitaan datang dari dua sumber:
• Sumber pertama dari penyakitnya sendiri yang memang tidak mungkin disembuhkan dan akan tetap memberikan penderitaan.
• Sumber kedua akibat dari upaya kita. Pengobatan kanker dengan cara apa pun selalu memberikan efek samping yang menyebabkan penderita tidak nyaman. Pembedahan dan pasca bedah tentu akan menyebabkan nyeri . Efek samping kemoterapi dan radioterapi juga akan membuat penderita tidak nyaman, antara lain mual, muntah , dan sebagainya. Karena hal-hal tersebut, maka penderita akan tambah menderita dan akhirnya meninggal dalam penderitaan yang berat.
Apakah Strategi Kita Bila Kanker Sudah Dalam Stadium Lanjut? Kalau saja anggota keluarga kita ada yang menderita demikian, atau kalau Anda pernah melihat betapa berat penderitaannya, kalau saja Anda pernah mendengar rintihannya atau bahkan jeritannya, saya percaya Anda tidak akan sampai hati membiarkannya.Tetapi tentunya tidak cukup hanya merasa iba tanpa berbuat sesuatu. Marilah kita berbuat sesuatu untuk menolong saudara kita yang menderita itu. Marilah kita memberikan terang kepada saudara kita yang telah jatuh ke dalam kegelapan penuh derita. Marilah kita berbuat sesuatu untuk mengembalikan iman saudara kita yang telah tergoncang atau bahkan hilang akibat penderitaan yang berat.Tetapi apa yang akan kita perbuat? Dalam keadaan seperti ini hanyalah perawatan paliatif yang dapat dikerjakan secara manusiawi, realistik, dan rasional.Apakah Perawatan Paliatif Itu?Kalau perawatan paliatif belum Anda kenal, bahkan Anda belum pernah mendengarnya, itu dapat dimengerti. Karena memang perawatan paliatif merupakan bentuk pelayanan kesehatan yang relatif baru di Indonesia. Kebijakan perawatan paliatif ini baru dicanangkan pemerintah, dalam hal ini Departemen Kesehatan Republik Indonesia, dengan diterbitkannya SK Menkes RI nomor 604/MENKES/SK/IX/1989. Sedangkan pelayanan perawatan paliatif untuk masyarakat baru dimulai pada tanggal 19 Februari 1992.Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization; WHO) memberikan definisi perawatan paliatif sebagai berikut (2005):
Paliative Care is an integrated system of care that: improves the quality of life, by providing pain and symptom relief, spiritual and psychosocial support from diagnosis to the end of life and bereavement. Terjemahan bebasnya kira-kira sebagai berikut:
Perawatan paliatif adalah sistem perawatan terpadu yang meningkatkan kualitas hidup, dengan meringankan nyeri dan penderitaan lain, memberikan dukungan spiritual dan psikososial mulai saat diagnosa ditegakkan sampai akhir hidup, dan dukungan terhadap keluarga yang merasa kehilangan.Sedangkan di dalam buku Pedoman Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna yang diterbitkan oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia (1997) didapatkan falsafah yang mendasari pelaksanaan perawatan paliatif, sebagai berikut:
Menjadi hak semua pasien untuk mendapatkan perawatan yang terbaik sampai akhir hayatnya. Penderita kanker yang dalam stadium lanjut atau tidak berangsur-angsur sembuh perlu mendapat pelayanan kesehatan sehingga penderitaannya dapat dikurangi. Pelayanan yang diberikan harus dapat meningkatkan kualitas hidup yang optimal, sehingga pasien dapat meninggal dengan tenang dalam iman.Dalam definisi dan falsafah yang mendasari perawatan paliatif, disebut-sebut selain masalah fisik –misalnya nyeri– juga masalah psikologis, sosial, dan spiritual. Hal ini didasarkan kepada: manusia sebenarnya tidak hanya terdiri dari unsur fisik saja, tetapi juga psikologis, sosial, kultural, dan spiritual. Berbagai unsur ini saling berhubungan dan saling memperngaruhi. Karenanya bila salah satu unsur ini mengalami gangguan, maka unsur lainnya akan ikut terganggu. Sebenarnya hal ini telah lama sebelumnya diajarkan kepada kita.“Dalam tubuh manusia itu terdapat segumpal daging. Jika bagus (segumpal daging itu), maka bagus jugalah seluruhnya (jiwa, pikiran, perilakunya). Tapi jika buruk (segumpal daging itu), maka buruk jugalah seluruhnya (jiwa, pikiran, perilakunya). Ketahuilah, bahwa ia (segumpal daging itu) adalah HATI.” -Hadist(Sumber: Rizal Ibrahim. Keajaiban Hati. DIVA Press. Cetakan III. Jan 2007)Konsep Penderitaan TotalSebagaimana telah dikatakan di atas, bahwa manusia tidak hanya terdiri dari unsur fisik saja yang dapat kita lihat, tetapi masih banyak lagi unsur-unsur yang membentuk manusia seutuhnya. Karena tidak nampak jelas seperti unsur fisik, unsur-unsur itu sering tidak diperhatikan bahkan diabaikan.Unsur-unsur yang membentuk manusia itu seperti telah disinggung di atas, yakni: fisik, psikologis , sosial, kultural dan spiritual. Unsur-unsur ini saling berhubungan dan saling mempengaruhi. Contoh: masalah-masalah psikologis, sosial, kultural, dan spiritual dapat menyebabkan nyeri fisik atau memperberat nyeri fisik. Dalam hal ini tidak ada satupun obat anti nyeri yang dapat memperingan apalagi menghilangkan nyeri yang dirasakan penderita, kecuali bila pada saat yang sama kita tangani juga masalah-masalah dari berbagai unsur tesebut. Demikian pula sebaliknya. Contoh di atas merupakan suatu kenyataan yang menggarisbawahi betapa pentingnya untuk mengevaluasi berbagai masalah itu dan menanganinya secara simultan. Untuk dapat melaksanakan ini dibutuhkan suatu tim dari individu-individu dengan berbagai keahlian yang saling mendukung, yang disebut tim interdisiplin.Ke dalam tim ini harus dimasukkan penderita dan keluarganya. Justru sebenarnya penderita adalah anggota tim yang utama. Karena penderitalah yang berhak pertama kali mengetahui tentang penyakitnya dan pengobatan apa yang akan diberikan padanya. Ia pula yang berhak menentukan pengobatan mana yang akan diterima dan mana yang ditolak, setelah mendapatkan informasi yang jelas.Tanpa tim yang mampu melaksanakan perawatan total (total care) atau perawatan holistik (holistic care) seperti ini, yang merupakan persyaratan dalam pelaksanaan perawatan paliatif, tidak mungkin kita akan meningkatkan kualitas hidup penderita dan keluarganya.Kasih Dalam Perawatan Paliatif Kasih, mau tidak mau harus kita akui sebagai suatu aspek penting dalam perawatan paliatif, bahkan lebih penting dari penanganan nyeri yang merupakan salah satu hal yang mutlak harus dilaksanakan. Perwujudan kasih akan nampak dalam perawatan paliatif pada hal-hal seperti: kasih dalam merespon kebutuhan-kebutuhan seseorang. Kasih akan nampak pula dalam pelaksanaan pendampingan dan momen-momen lain keberadaan kita bersama penderita yang dilakukan dengan penuh perhatian.Ini semua tak lain merupakan bentuk pernyataan kasih sayang yang merupakan inti dari altruistic love, kasih sayang yang mengutamakan kepentingan orang lain (altrui = orang lain). Namun demikian, kasih sayang yang demikian itu tidak perlu meniadakan kepedulian terhadap diri sendiri.Marilah kita melihat sejenak arti kasih dan berbagai bentuk perwujudannya, yang secara sadar atau tidak, pernah kita alami.Kasih antara sepasang insan.Kasih kepada orang tua kita.Kasih kepada anak.Masih banyak lagi kasih yang pernah kita alami dalam arti dan perwujudannya yang berbeda-beda. Lalu apakah arti kasih dalam pelaksanaan perawatan paliatif? Kasih yang mendasari pelaksanaan perawatan paliatif mempunyai arti kepedulian. Kasih yang berarti kepedulian dapat berupa:
• Kepedulian pada diri sendiri Menyebabkan kita mampu mengenal dan mencintai diri sendiri. Kita akan mengetahui kekuatan dan kelemahan yang kita miliki. Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan diri sendiri, maka individu itu dapat selalu menampilkan diri yang dapat diterima oleh siapapun di lingkungan di mana ia berada.
• Kepedulian terhadap masyarakat Karena kepeduliannya terhadap masyarakat, sering individu tersebut dalam upayanya berbuat suatu kebaikan untuk masyarakatnya mendapat cemoohan dan ejekan.Kepedulian adalah deskripsi kasih sayang seseorang yang muncul akibat adanya rasa ketidaktegaan melihat keadaan atau penderitaan seseorang. Kemudian timbul dorongan dalam diri kita untuk membantu orang lain yang sedang menderita.Kepedulian sesunguhnya merupakan ungkapan ketulusan atau pengorbanan tanpa pamrih. Seseorang yang mencoba mengulurkan tangan saat melihat kendaraan orang lain mogok di perjalanan tidaklah diartikan sebagai upaya menarik simpati orang. Tetapi semata-mata murni ungkapan kasih sayang pada sesama.Kalaupun akibat bantuan tersebut, orang yang dibantu merasa simpati, itu hal lain. Yang pasti bantuan yang diberikan merupakan panggilan hati yang telah mengusik pikiran dan perasaan seseorang akan kesusahan orang lain. Kepedulian sebagai wujud kasih sayang memang harus dilandasi oleh ketulusan. Jika tidak, ia hanya sebuah ungkapan semu yang tidak bermakna. Kalau kita membantu orang lain tanpa ketulusan, ada yang terlintas dalam pikiran ingin mendapat imbalan atau pujian dari orang lain. Apabila hal ini tidak terjadi, timbullah kekecewaan.Ketulusan adalah kata lain dari keikhlasan. Ikhlas adalah kekuatan yang mampu menyuntikkan sindroma ketenangan jiwa. Keikhlasan menjadikan kita sebagai manusia yang pandai bersyukur atas apa yang telah diberikan Tuhan kepada kita, sehingga ada kebahagiaan yang menyelimuti gerak dan langkah kita. Ada kepuasan batin ketika apa yang kita miliki memberikan manfaat pada orang lain.Habis manis sepah dibuangSebenarnya dengan berkembangnya pelayanan kesehatan ke arah yang makin baik, maka kita sekarang telah melakukan intervensi medis terhadap manusia pada awal kehidupannya, yakni semasa manusia itu masih di dalam kandungan ibunya, dengan pelayanan ante natal yang bertujuan (Acuan Pelayanan Maternal dan Neonatal, 2002):
• Memantau kemajuan kehamilan untuk memastikan kesehatan ibu dan tumbuh kembang bayi.
• meningkatkan dan mempertahankan kesehatan fisik, mental, sosial ibu dan bayi.
• Mengenali secara dini adanya ketidaknormalan atau komplikasi yang mungkin terjadi selama hamil, termasuk riwayat penyakit secara umum, kebidanan, dan pembedahan.
• Mempersiapkan persalinan cukup bulan, melahirkan dengan selamat baik Ibu maupun bayinya, dengan trauma seminimal mungkin.
• Mempersiapkan ibu agar nifas berjalan normal dan dapat memberikan ASI eksklusif.
• Mempersembahkan peran ibu dan keluarga dalam menerima kelahiran bayi agar dapat tumbuh kembang secara normal.Dari tujuan-tujuan tersebut di atas, maka kita mengerti semua itu dilakukan antara lain untuk mempersiapkan awal kehidupan yang berkualitas. Atau dengan kata lain kita mempersiapkan manusia itu untuk memulai kehidupan di dunia ini dengan baik.Kemudian bayi itu tumbuh sebagai anak yang sehat, dan selanjutnya menjadi orang dewasa yang sehat. Manusia ini dapat dipastikan pernah berbuat kebaikan atau jasa, paling sedikit untuk keluarganya, atau bahkan untuk masyarakat, bangsa, dan negaranya. Mengapa saat manusia ini menjadi tidak berdaya karena penyakitnya, tidak menjadi perhatian kita?Sangatlah tidak adil, apabila kita tidak menyiapkan manusia ini untuk memulai kehidupannya di akhirat, seperti yang kita lakukan pada waktu manusia ini akan mulai dengan kehidupan di dunia.Janganlah habis manis sepah dibuang!Marilah kita persiapkan dan kita hantarkan mereka yang sudah tidak berdaya itu untuk memasuki pintu kehidupan akhirat dengan baik, dengan melakukan perawatan paliatif.
Reff: Makalah disampaikan pada Simposium Awam dan Citra Pesona Paliatif, Hyatt Regency Hotel Surabaya, 17 Februari 2007, oleh Prof. R. Sunaryadi Tejawinata, dr., SpTHT(K), FAAO, PGD, Pall Med (ECU)
Read more ...

KHASIAT BAWANG PUTIH UTK KANKER | SANGAT MUJARAB

Dalam masyarakat modern bawang putih (Allium sativum) dipercaya dapat mencegah serangan jantung, penggumpalan darah, menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah, kadar gula darah, mengurangi tukak lambung, penawar racun, pembunuh bakteri/jamur/parasit, pengikat radikal bebas, dan banyak lagi yang lain. Benarkah bumbu masakan sehari-hari ini dapat menyembuhkan kanker juga?
Berbagai studi memang menunjukkan kemampuan bawang putih dalam mencegah dan mengobati kanker, terutama yang disebabkan oleh bahan-bahan kimia berbahaya, seperti kanker prostat, perut, kolorektal (usus dan dubur), payudara, liver, kulit, dan paru-paru. Zat-zat aktif dalam bawang putih antara lain vitamin A, B, C, kalsium, potasium, besi, karoten, dan selenium. Yang paling dominan dalam memerangi kanker adalah komponen allyl sulfur seperti diallyl sulfide, diallyl disulfide, diallyl trisulfide, S-allyl cysteine, S-allylmercaptocysteine, allicin, dan ajoene. Zat-zat tersebut mencegah pembentukan dan pengaktifan nitrosamin di dalam tubuh, juga memblokir aflatoxin, azoxymethane, benzo(a)pyrene, dan lain-lain, yang kesemuanya merupakan zat karsinogen (pemicu kanker). Pada tahap berikutnya komponen-komponen tersebut dapat mencegah mutasi gen, menghambat proliferasi (pertumbuhan/pembelahan) sel-sel kanker, memperbaiki struktur DNA yang rusak, bahkan merangsang sel kanker untuk bunuh diri (apoptosis).Di sisi lain bawang putih juga berperan sebagai antioksidan, mengeluarkan racun dari dalam tubuh, dan membunuh kuman Helicobacter pylori yang dapat memicu berbagai macam kanker perut.Cara MengkonsumsiSudah tentu kerja zat-zat aktif bawang putih itu tergantung pada banyak hal, misalnya tanah di mana bawang putih itu tumbuh (berpengaruh pada kadar zat-zat aktif bawang putih), komposisi zat makanan lain yang dikonsumsi bersamaan dengannya, juga cara mempersiapkan dan mengkonsumsi bawang putih itu sendiri. Kombinasi dengan selenium, asam lemak tertentu (misal asam linoleat), dan vitamin A, dapat meningkatkan kemampuan bawang putih untuk menghambat proliferasi dan meningkatkan apoptosis.Tetapi perlu disadari bahwa proses pengolahan bawang putih dapat mematikan daya kerja zat-zat antikanker itu. Satu menit saja diproses dalam microwave, hilanglah khasiat bawang putih sebagai antikanker. Begitu juga kalau dipanaskan dalam proses pemasakan lain. Jadi bagaimana? Haruskah bawang putih itu ditelan mentah-mentah?Ternyata sederhana saja. Hancurkan bawang putih (digeprak, diiris tipis, atau diuleg) kemudian biarkan selama 15 menit sebelum dimasak (digunakan sebagai bumbu masak). Dalam waktu 15 menit itu terjadi reaksi kimia yang mengaktifkan zat-zat antikanker golongan allyl sulfur di atas, yang tidak rusak walau dimasak. Tetapi kalau setelah dihancurkan langsung dimasak, reaksi kimia itu tidak terjadi, otomatis khasiat antikankernya hilang.Kalau mau, bawang putih juga boleh dikonsumsi mentah. Tapi tetap saja harus dihancurkan dulu dan dibiarkan selama 15 menit. Lalu bagaimana kalau bawang akan disajikan utuh, misalnya dalam acar? Cukup kupas kemudian potong sedikit ujung-ujungnya. Lumayan, masih memiliki khasiat antikanker walau tidak sebagus kalau dihancurkan.
Potensi BahayaMudah sekali bukan, menggunakan bawang putih untuk pencegahan dan pengobatan kanker? Harganya murah dan mudah didapat pula. Tetapi waspadalah, bukan berarti bawang putih boleh dikonsumsi sembarangan. Jangan mengira bahwa semakin banyak mengkonsumsi bawang putih semakin baik hasilnya.Dosis yang disarankan untuk konsumsi bawang putih adalah 4-5 gram bawang putih segar/hari (kira-kira 1-2 siung). Kalau terlalu banyak, selain menimbulkan bau tidak sedap pada nafas dan kulit, kadang menimbulkan alergi, gangguan pencernaan (muntah, diare, iritasi, produksi gas berlebihan), asma bronkial, dermatitis, mengurangi kadar protein dan kalsium dalam darah, juga mengurangi produksi sperma.Terlalu banyak bawang putih meningkatkan resiko perdarahan karena kemampuannya dalam mencegah pembekuan darah. Karena itu pada penderita yang hendak atau baru saja menjalani pembedahan, konsumsi bawang putih sebaiknya dibatasi.Bawang putih juga meningkatkan kerja enzim-enzim dalam hati untuk membuang racun dari dalam tubuh. Pada orang sehat kemampuan ini sangat bermanfaat, tetapi hati-hatilah, dia juga bisa membuang obat-obat yang Anda telan dan obat-obat kemoterapi . Pengobatan Anda menjadi sia-sia, bukan? Karena itu, kalau Anda ingin menambah konsumsi bawang putih atau menggunakan produk suplemennya, konsultasilah dulu dengan dokter.

Catatan:Bawang merah dan bawang bombay juga memiliki manfaat antikanker, jadi perlakukanlah sama dengan bawang putih dalam proses memasaknya.

reff : rumah kanker
Read more ...

KANKER MULUT RAHIM | KANKER SERVIKS

Kanker mulut rahim (serviks) menjadi problem kesehatan di negara-negara berkembang. Di Indonesia, penderita penyakit ini diperkirakan 90 - 100 di antara 100.000 penduduk.
Di negara maju seperti Amerika, terdapat 12.000 kasus baru ditemukan pada 1990. Melihat tingginya angka penderita, maka tidak mengherankan bila penyakit ini merupakan momok yang menakutkan bagi perempuan. Hal itu juga karena serviks merupakan kanker terbanyak pada wanita dan menduduki urutan pertama dari sepuluh jenis kanker di Indonesia. Angka penderita penyakit ini, sejatinya, bisa ditekan bila lebih awal diketahui adanya kanker yang menyerang mulut rahim. Masalahnya, menurut dr Nasdaldy, SpOG, lebih dari 70 persen penderita datang terlambat memeriksakannya ke dokter. Padahal, keterlambatan pemeriksaan bisa berpengaruh pada harapan hidup, selain biaya yang dibutuhkan lebih besar. ''Pencegahan lebih murah,'' tuturnya dalam sebuah seminar di Jakarta, belum lama ini.Dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari Divisi Kanker Ginekologik Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta, ini mengakui saat pra kanker serviks, pada umumnya memang tidak ada gejala. Gejala yang bisa dideteksi bila ada pendarahan pascasenggama dan keputihan yang tidak khas. Bila terdapat keputihan berlebihan, berbau busuk, dan tidak sembuh-sembuh, sebaiknya disarankan untuk secepatnya memeriksakan diri ke dokter. Sebab, ini merupakan gejala yang lazim dijumpai pada penderita kanker serviks. Pemeriksaan dokter diperlukan, karena tidak semua keputihan pertanda ada kanker. Dengan pemeriksaan itu akan diketahui apakah keputihan abnormal itu kanker atau bukan.Gejala lain, kata dia, terdapat perdarahan di luar siklus haid, terutama setelah berhungan intim. Seperti juga adanya keputihan, gejala ini pun memerlukan pemeriksaan dokter, karena perdarahan bisa terjadi akibat gangguan keseimbangan hormon.Mengapa pemeriksaan diperlukan bila ditemukan ada gejala? Itu karena kanker yang sudah mencapai stadium tiga ke atas akan terjadi pembekakan di berbagai anggota tubuh, seperti di paha, betis, atau di tangan. Akibatnya bisa lebih fatal, keterlambatan penanganan bisa menyebabkan kematian.Untuk deteksi dini, perlu dilakukan pap smear pada wanita yang telah aktif secara seksual sedikitnya setahun sekali dengan mengambil getah serviks dari vagina. Pemeriksaan ginekologi dilakukan oleh dokter atau bidan dengan pengambil sampel apus leher rahim oleh dokter ahli patologi anatomi. Sebaiknya pap smear dilakukan pada hari ke 10 - 20 dari siklus haid. Namun, dalam 24 jam sebelum pemeriksaan, jangan melakukan hubungan suami-istri. RisikoApa yang menjadi faktor risiko kanker mulut rahim? Menurut dr Nasdaldy, wanita yang sudah menikah atau memulai aktivitas seksual pada usia muda (kurang dari 18 tahun) memiliki risiko terkena kanker mulut rahim. Risiko yang sama dapat dialami oleh wanita yang berganti-ganti pasangan seks. Yakni, wanita yang mempunyai banyak pasangan seks atau suaminya mempunyai banyak pasangan seks.Mereka yang berisiko terkena kanker rahim lainnya adalah wanita yang sering menderita infeksi di daerah kelamin, yang banyak melahirkan anak, dan wanita perokok. ''Wanita perokok mempunyai risiko dua kali lebih besar dari pada wanita bukan perokok,'' tuturnya.PencegahanMencegah jauh lebih baik dari pada mengobati. Itu benar, meski tidak mudah menerapkannya. Masalahnya, masih banyak wanita yang enggan memeriksakan diri ke dokter kandungan meskipun memiliki berbagai gejala terkena kanker mulut rahim. Padahal, jangankan wanita sudah memiliki gejala terkena servick, wanita yang sehat pun perlu memeriksakan diri agar bisa dideteksi sejak dini. Pencegahan, menurut Nasdaldy, dapat dilakukan dengan tiga strategi: primer, sekunder, dan tertier. Pencegahan primer diperlukan pada semua populasi yang memiliki risiko terkena kanker mulut rahim. Caranya, dengan memberikan penyuluhan. ''Bukan hanya medis, tapi bisa di sekolah-sekolah karena banyak yang tidak tahu dan tidak peduli,'' tuturnya.Pencegahan sekunder juga diperlukan pada orang yang tidak memiliki gejala. Ini agar angka kejadian dapat ditekan dan memungkinkan pengobatan sedini mungkin. Pengobatan lebih awal, selain biayanya sedikit, hasilnya pun lebih baik. Sedangkan pencegahan tertier dilakukan pada orang yang sudah terkena penyakit ini.Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk pencegahan primer pada penderita serviks. Namun yang penting adalah menurunkan faktor risiko. Misalnya, menghilangkan perilaku seksual yang mengakibatkan terpapar dengan infeksi human papilloma virus (HPV). ''Perempuan lebih rentan terkena infeksi HPV,'' ujarnya. Tidak kalah pentingnya dengan faktor nutrisi. Menurut dokter spesialis ini orang dengan gizi yang bagus lebih mudah mencegah serangan penyakit ini. Harus diingat, tidak ada pantangan makanan bagi penderita kanker. Karena itu tidak benar pernyataan yang mengatakan bahwa penderita kanker tidak boleh makan daging. ''Itu mitos,'' ucapnya.Zat gizi, kata dia, sangat diperlukan untuk pencegahan penyakit ini. Makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah caretenoids, vitamin A, retinoids, vitamin C, vitamin E, dan folat. Sayuran hijau tua dan kuning juga baik untuk meningkatkan gizi.Selain menurunkan faktor risiko dan nutrisi, pencegahan primer juga perlu dengan vaksinasi. Imunisasi, kata Nasdaldy, dilakukan pada usia muda sebelum aktif melakukan hubungan seksual dan masih dalam tahap pengembangan. Vaksin pencegahan bertujuan membentuk antibodi dan diberikan pada orang sehat. Vaksin pengobatan diberikan pada orang yang sudah terinfeksi HVP dan stimulasi sistem imunitas.Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan, vaksin sebaiknya diberikan pertama kali dalam lima tahun setelah aktif berhubungan seksual atau usia 25 tahun sampai usia 65 tahun. Frekuensi vaksinasi, saran badan dunia itu, dilakukan 2 - 3 tahun sekali dengan catatan dua kali berturut-turut negatif.
Read more ...

PERIKSA PAYUDARA SENDIRI | SADARI

Jumlah penderita kanker payudara di Indonesia menempati urutan kedua setelah kanker leher rahim. Penderitanya pun ada yang baru berusia 18 tahun. Padahal di negara-negara lain, Eropa atau Amerika misalnya, jumlah penderita kanker payudara tidak begitu banyak dibanding dengan jumlah penderita kanker jenis lain. Mengapa demikian ? Hal ini disebabkan di negara-negara tersebut kesadaran untuk melakukan deteksi dini sudah berkembang baik. Kebanyakan kanker payudara ditemukan pada stadium awal, sehingga segera dapat diobati dan disembuhkan. Sedang di negara kita, kebanyakan kasus kanker ditemukan pada stadium lanjut, ketika penyembuhan sudah sulit dilakukan.Padahal, mendeteksi kanker payudara stadium dini sangat mudah, dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Cukup beberapa menit, sebulan sekali, dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri (Sadari ).

Memang, tidak ada wanita yang ingin melakukan Sadari. Karena bisa jadi muncul bayangan menakutkan: “bagaimana kalau saya benar-benar menemukan benjolan?”. Atau mungkin menemukan “sesuatu” yang tidak dimengerti apa maknanya.Tetapi, semakin sering Anda memeriksa payudara Anda, Anda akan semakin mengenalnya, dan semakin mudah menemukan sesuatu yang tidak beres –jika ada. Bagaimanapun Sadari adalah bagian penting dari perawatan kesehatan, yang dapat melindungi Anda dari resiko kanker payudara.Payudara memiliki bagian-bagian (lingkungan) yang kalau diraba terasa berbeda-beda. Sisi atas agak ke samping (dekat ketiak) cenderung terasa bergumpal-gumpal besar. Payudara bagian bawah terasa seperti hamparan pasir atau kerikil. Sedang bagian di bawah puting susu terasa seperti sekumpulan biji-bijian yang besar. Kadang ada juga gumpalan yang menyerupai sebuah mangkuk. Kondisi ini bisa berbeda pada tiap wanita. Pada tahap awal, akan cukup membantu jika Anda membuat “peta lingkungan payudara”, untuk dibandingkan pada pemeriksaan dari bulan ke bulan.Yang terpenting adalah rasakan bagaimana kondisi payudara Anda sendiri. Adakah sesuatu yang terasa berbeda dibanding lingkungan sekitarnya? Misal, di area “gumpalan besar” terasa ada benjolan kecil sebesar kacang hijau? Atau di area “hamparan pasir” terasa ada “kerikil” yang agak besar? Atau adakah perubahan kondisi payudara dibanding pemeriksaan sebelumnya? Itu semua bisa dideteksi dengan memeriksa payudara sendiri.Sulitkah melakukan Sadari/Sarari itu? Sama sekali tidak. Sebaiknya dilakukan seminggu sesudah menstruasi, ketika kondisi payudara lunak dan longgar, sehingga memudahkan perabaan. Untuk wanita yang sudah mengalami menopause boleh dilakukan kapan saja, asal rutin setiap bulan. Akan lebih baik jika disiapkan buku catatan khusus untuk mencatat hasil pemeriksaan Anda, juga kondisi dan perubahan payudara Anda dari waktu ke waktu. Bila perlu lengkapi dengan gambar ilustrasi untuk memperjelas lokasi kelainan yang ditemukan.

Pemeriksaan lengkap payudara sendiri dibagi atas beberapa tahap :
1. Melihat tanggalkan seluruh pakaian bagian atas. Berdirilah di depan cermin dengan kedua lengan tergantung lepas, di dalam ruangan yang terang. Perhatikan payudara Anda:Apakah bentuk dan ukurannya kanan dan kiri simetris?Apakah bentuknya membesar/mengeras?Apakah arah putingnya lurus ke depan? Atau berubah arah?Apakah putingnya tertarik ke dalam?Apakah puting/kulitnya ada yang lecet?Apakah kulitnya tampak kemerahan? Kebiruan? Kehitaman?Apakah kulitnya tampak menebal dengan pori-pori melebar (seperti kulit jeruk)?Apakah permukaan kulitnya mulus, tidak tampak adanya kerutan/cekungan?
Ulangi semua pengamatan di atas dengan posisi kedua tangan lurus ke atas. Setelah selesai, ulangi lagi pengamatan dengan kedua tangan di pinggang, dada dibusungkan, kedua siku ditarik ke belakang. Semua pengamatan ini bertujuan untuk mengetahui adanya tumor yang terletak dekat dengan kulit.
2. Memijat dengan kedua belah tangan, secara lembut pijat payudara dari tepi hingga ke puting, untuk untuk mengetahui ada-tidaknya cairan yang keluar dari puting susu (seharusnya tidak ada, kecuali Anda sedang menyusui).
3. Meraba sekarang berbaringlah di atas tempat tidur untuk memeriksa payudara satu demi satu. Untuk memeriksa payudara kiri, letakkan sebuah bantal tipis di bawah bahu kiri, sedang lengan kiri direntangkan ke atas di samping kepala atau diletakkan di bawah kepala. Gunakan keempat jari tangan kanan yang saling dirapatkan untuk meraba payudara. Rabaan dilakukan dengan gerakan memutar (seperti membuat lingkaran kecil-kecil), mulai dari tepi payudara hingga ke puting susu. Sesudah itu geser posisi jari sedikit ke sebelahnya, dan lakukan lagi gerakan memutar dari tepi payudara sampai puting susu. Lakukan terus secara berurutan sampai seluruh bagian payudara diperiksa. Untuk memudahkan gerakan, Anda boleh menggunakan lotion atau sabun sebagai pelicin. Gerakan memutar boleh juga dilakukan mulai dari puting susu, melingkar semakin lebar ke arah tepi payudara; atau secara vertikal ke atas dan kebawah mulai dari tepi paling kiri hingga ke tepi paling kanan. Yang penting, seluruh area payudara harus tuntas teraba, tak ada yang terlewatkan.Perlu diperhatikan bahwa masing-masing gerakan memutar harus dilakukan dengan kekuatan tekanan yang berbeda-beda, setidaknya dengan tiga macam tekanan. Pertama-tama dilakukan dengan tekanan ringan untuk meraba adanya benjolan di dekat permukaan kulit, yang kedua dengan tekanan sedang untuk meraba adanya benjolan di tengah-tengah jaringan payudara, yang ketiga dengan tekanan cukup kuat untuk merasakan adanya benjolan di dasar payudara, dekat dengan tulang dada/iga.Setelah selesai dengan payudara kiri, pindah posisi bantal dan lengan, lakukan pemeriksaan pada payudara kanan dengan menggunakan keempat jari tangan kiri. Kemudian ulangi perabaan seperti poin 3, tetapi dalam posisi berdiri. Untuk memudahkan, bisa dilakukan sambil mandi, saat membalur tubuh dengan sabun.
4. Meraba ketiak setelah itu raba ketiak dan area di sekitar payudara untuk mengetahui adanya benjolan yang diduga suatu anak sebar kanker. Bila dalam pemeriksaan payudara sendiri ini Anda menemukan suatu kelainan (misal benjolan, sekecil apa pun), segera periksakan ke dokter. Jangan takut dan jangan tunda lagi. Karena kanker payudara yang ditemukan pada tahap dini dan ditangani secara benar dapat sembuh secara tuntas!
Tahukah Anda ?
MENGAPA ORANG INDONESIA SAKIT KANKER?
"Indonesia sangat kaya tanaman berkhasiat antikanker, jauh lebih kaya daripada Cina, dan lebih bagus mutunya. Tetapi mengapa angka kejadian kanker di Indonesia lebih tinggi daripada Cina? Karena orang Indonesia suka sekali makan gorengan..."
(Prof. Dr. Li Peiwen, ahli kanker & obat tradisional senior Cina.)

Ref : Rumah kanker Indonesia.
Read more ...

PALING BANYAK DIKUNJUNGI