TANAMAN PATIKAN KEBO | KUMIS KUCING

TANAMAN PATIKAN KEBO ( Euphorbia Hirta L )


Patikan Kebo mempunyai nama latin Euphorbia hirta L. termasuk dalam familia tumbuhan Euphorbiaceae. Herbal ini biasa ditemukan di kebun, pinggir sawah, lapangan bahkan perkarangan rumah. Orang tua jaman dahulu menggunakan getah tumbuhan ini untuk mengobati mata yang merah karena penyakit belekan atau glaukoma. Namun khasiat tumbuhan ini tidak sebatas itu. Patikan kebo mempunyai sifat anti inflamasi ( anti radang ), diuretic ( peluruh kencing ) dan anti pruritic ( menghilangkan gatal )
Kandungan dan Manfaat
Kandungan kimiawi yang sudah diketahui dari Patikan Kebo antara lain taraxerol, friedlin, betha amyrin, betasitosterol, beta eufol, euforbol, triterpenoid, tirukalol, eufosterol, hentriacontane,flavonoid, tanin, elagic acid. Dan berdasarkan catatan hasil penelitian dan pengalaman diberbagai daerah dan penyakit negara, tanaman ini dapat mengobati disentri, melancarkan kencing, mengobati abses paru, bronchitis kronis, abses payudara, typus abdominalis, radang ginjal, radang tenggorokan, asma, dan radang kelenjar susu atau payudara bengkak.


TANAMAN KUMIS KUCING (Orthosiphon Aristatus)


Tanaman kumis kucing sejak lama dikenal dan digunakan sebaga obat untuk berbagai penyakit yang terkait dengan saluran kencing. Tanaman ini mempunyai rasa sedikit pahit,agak asin, sepet, dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam kumis kucing antara lain zat samak, minyak atsiri, orthosiphonglikosida,minyak lemak, saponin, garam kalium dan myoinositol.
Sedangkan efek farmakologis yang dimiliki oleh kumis kucing diantaranya anti radang, peluruh air seni dan penghancur batu saluran kencing.
Kumis kucing membantu mengobati penyakit yang terkait dengan saluran kencing seperti bengkak kandung kemih, infeksi kandung kemih, batu dalam kandung kemih,infeksi saluran kencing, sering kencing tak tuntas (anyang-anyangen), keputihan,sakit kencing batu,batu kantung empedu.
Title: TANAMAN PATIKAN KEBO | KUMIS KUCING; Written by PUSAT HERBAL INDONESIA; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment

PALING BANYAK DIKUNJUNGI

Griya Herbal Kami