TANAMAN KOMFREY | TANAMAN DAUN DEWA

TANAMAN KOMFREY ( Symphytum Officinale L. )

Tanaman Komfrey, Kompri, kompre, komprey, skompering, atau gomfri adalah nama daerah dari tanaman ini. Nama latinnya Symphytum Officinale L. Efek farmakologis dari tumbuhan ini adalah mempelancar peredaran darah, mempercepat pemulihan jaringan tubuh yang rusak, dan mencegah peradangan dan menormalkan tensi. Dalam farmakologi China, tumbuhan ini disebut memiliki sifat dingin agak sedikit pahit.
Kandungan dan Manfaat tumbuhan ini memiliki banyak manfaat dalam pengobatan sesuai informasi dari berbagai literatur yang mencatat hasil penelitian dan pengalaman turun temurun dari berbagai negara dan daerah. Diantaranya komfrey berfungsi menormalkan tekanan darah. Bila tekanan darahnya rendah maka tumbuhan ini akan menaikkannya hingga normal. Sebaliknya bila tekanan tinggi maka akan menurunkannya. Tumbuhan ini berfungsi menurunkan penyakit kolesterol tinggi. Demikian juga bermanfaat mengobati penyakit diabetes millitus. Mereka yang menderita Hb rendah, bisa pula diatasi dengan mengkonsumsi herbal ini. Penyakit lain yang diinformasikan bisa diobati dengan herbal ini adalah pneumonia, abtu ginjal, ambeien, kemandulan pada wanita, asma, gangguan empedu, diare, anemia, reumatik, gangguan pencernaan, tumor dan kanker, patah tulang, luka dan alergi kulit.

TANAMAN DAUN DEWA ( Gynura Segetum )


Daun dewa termasuk dalam famili tumbuhan Compositae atau asteraceae. Nama daerahnya beluntas cina, daun dewa atau samsit. Tumbuhan ini memiliki sifat sebagai anti coagulant (mencairkan bekuan darah) sehingga mencegah stroke dan jantung , menstimulasi sirkulasi, menghentikan pendarahan, menghilangkan panas, membersihkan racun, anti karsinoen, anti mutagenesis, diuretik ( peluruh kencing )
Kandungan daun dewa sangat berguna bagi kesehatan manusia. Diantaranya saponin, minyak atsiri, flavanoid, tanin, vanilat polifenol, asam klorogenat, asam kalfeat, asam asam p-kumarat, dan asam p-hidroksi benzoat, alkaloid, triterpenoid, dan sterol, vitamin K. Daun tumbuhan ini berguna untuk mengobati luka terpukul, melancarkan sirkulasi, menghentikan pendarahan (batuk darah, muntah darah, mimisan), pembengkakan payudara, infeksi kerongkongan, tidak datang haid, dan digigit binatang berbisa. Umbi tanaman ini berguna untuk menghilangkan bekuan darah, pembengkakan, tulang patah (fraktur), dan pendarahan.
Title: TANAMAN KOMFREY | TANAMAN DAUN DEWA; Written by PUSAT HERBAL INDONESIA; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment

PALING BANYAK DIKUNJUNGI

Griya Herbal Kami