TANAMAN BINAHONG | TANAMAN TEMULAWAK

TANAMAN BINAHONG

Binahong adalah tanaman obat dari daratan Tiongkok yang dikenal dengan nama asli Dhen San Chi. Tumbuhan ini telah dikenal memiliki kasiat penyembuhan yang luar biasa dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan dll. Seluruh bagian tanaman menjalar ini berkhasiat mulai dari akar, batang dan daunnya. Pemanfaatannya bisa direbus atau dimakan sebagai lalapan untuk daunnya. Semakin praktis kini binahong dikemas dalam bentuk kapsul sehingga mudah dikonsumsi. Mempercepat pemulihan kesehatan setelah operasi, melahirkan , khitan, segala luka-luka dalam, radang usus. Kegunaan lainnya melancarkan dan menormalkan peredaran dan tekanan darah, mencegah stroke, maag, asam urat, menambah dan mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh, wasir (ambeien), melancarkan buang air besar dan kecil, Diabetes, sariawan berat.



TANAMAN TEMULAWAK ( Curcuma Xanthorriza. Roxb. )

Temulawak adalah herbal khas yang diperoleh di Indonesia mempunyai fungsi sebagai hepatoprotektor (melindungi hati ) dari berbagai penyakit yang menyerang lever, diantaranya hepatitis. Temulawak disebut juga Curcuma Xanthorriza. Roxb. Termasuk kedalam famili tumbuhan Zangiberaceae. Memiliki efek farmakologi anti sembelit, acne vulgaris (menyingkirkan jerawat), anti inflamasi, dan anti hepatotoksid, pelancar ASI, tonikum, peluruh air seni, anti jamur dan menghambat bakteri.
Kandungan dan manfaatnya antara lain tumbuhan ini kaya dengan minyak menguap, fellandren dan turmerol, kurkumin, zat tepung, kamfer, glikosida, toluyl metil karbinol dan 1 siklosoprenmyrsen. Menurut penelitian tanaman ini dapat menjadi obat penyakit : Maag, bau badan, sembelit, kurang ASI, asma, cacar air, sariawan, bau badan, anti jerawat, hepatitis, dan penyakit kandung empedu.
Title: TANAMAN BINAHONG | TANAMAN TEMULAWAK; Written by PUSAT HERBAL INDONESIA; Rating: 5 dari 5

1 comment:

  1. Yang butuh bibit tanaman binahong bisa hubungi kami di chasiapro@gmail.com atau 082136712513 @Trims Prabowo JOgja

    ReplyDelete

PALING BANYAK DIKUNJUNGI

Griya Herbal Kami